PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 11 LAREN

NISA', NADIYA FITRIATIN (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA INTERAKTIF POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 11 LAREN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL ULUM LAMONGAN.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK_18051055_NADIYA FITRIATIN NISA'.pdf

Download (329kB)
[img] Text
18051055_NADIYA FITRIATIN NISA'.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada permasalahan model pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang terjadi di SMA Muhammadiyah 11 Laren, sebelumnya pembelajaran di SMA menggunakan metode ceramah saja. Penggunaan metode ceramah ini membuat minat belajar siswa menjadi kurang aktif dan juga siswa kurang semangat dalam pelajaran. Sehingga terdapat inovasi dari guru Pendidikan Agama Islam yakni dengan menggunakan model interaktif powerpoint dalam pembelajaran PAI. Adapun tujuan penulisan ini adalah (1) untuk memperoleh data tentang penggunaan media interaktif powerpoint terhadap hasil belajar siswa di SMA Muhammadiyah 11 Laren (2) untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan media interaktif powerpoint terhadap hasil belajar siswa di SMA Muhamamdiyah 11 Laren. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Dikatakan eksperimen karena pada penelitian ini peneliti menggunakan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan control untuk melihat perbedaan antara kelompok yang diajarkan dengan menggunakan media powerpoint dan tidak. Hasil penelitian ini, dapat diketahui bahwa penggunaan media interaktif powerpoint dapat membuat siswa menjadi lebih tertarik dan lebih untuk mendengarkan apa yang dijelaskan oleh pendidik. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media powerpoin terhadap hasil belajar siswa, hal ini di dasarkan pada Uji t-Independen melalui aplikasi SPSS tipe 25 dengan hasil uji t ditemukan nilai t sebesar 6,048 dengan sig (2-tailed) 0,000. Oleh karena nilai sig < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara hasil belajar siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah dilakukannya tes.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hildha Fadzillah Rachma
Date Deposited: 29 Nov 2023 08:57
Last Modified: 29 Nov 2023 08:57
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1169

Actions (login required)

View Item View Item