PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK KELOMPOK B MELALUI GERAK DAN LAGU DI TK NURUL UMMAH SUKOMALO-KEDUNGPRING

Elmia, Seftiya (2021) PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK KELOMPOK B MELALUI GERAK DAN LAGU DI TK NURUL UMMAH SUKOMALO-KEDUNGPRING. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL' ULUM LAMONGAN.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_17055002_SEFTIYA ELMIA.pdf

Download (325kB)
[img] Text
17055002_SEFTIYA ELMIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Elmia, Seftiya, 2021 “PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK KELOMPOK B MELALUI GERAK DAN LAGU DI TK NURUL UMMAH SUKOMALO” Unisda Lamongan Pembimbing (1) H. MUH. UFUQUL MUBIN, M, Ag. (2) Drs. Hj. SITI LATHIFATUS SUNIYAH, M.Pd.I Kata Kunci: kemampuan motoric kasar, gerak dan lagu. Kemampuan motorik kasar adalah sebuah kemampuan dalam melakukan gerakan-gerakan yang bagus seperti menari, berlari, senam atau kemampuan membuat berbagai karya seni. Kemampuan motorik kasar anak berkaitan dengan kemampuan anak menggunakan seluruh tubuh untuk mengekspresikan ide dan perasaannya serta keterampilan menggunakan tangan untuk menciptakan atau menggubah sesuatu yang bisa mengembangkan kemampuan motoriknya. Dampak yang diperoleh jika anak memiliki ketidak kemempuan motorik yang baik akan menjadikan anak kesulitan dalam mengatur dan mengontrol gerakan tubuh sehingga jika anak melakukan sebuah gerakan akan terkesan kaku dan anak akan terlihat sangat canggung. Menyadari pentingnya peningkatan kemampuan motorik kasar pada anak, maka kiranya perlu mengakaji metode pembelajaran untuk meningkatakn kemampuan motorik kasar anak, seperti menggunakan gerak dan lagu sebagai metode pembelajaran karena dalam pendidikan anak menyanyi adalah kegiatan yang tidak dapat dipisahkan dari pembelajaran pada taman kanak-kanak. Dan pada hakikatnya anak belajar melalui pengalaman secara langsung, melalui gerak dan lagu anak akan memperoleh pengalaman tersendiri secara langsung. Adapun tujuan penulisan ini adalah (1) untuk mengetahui kemampuan motorik kasar anak, (2) untuk mengetahui kemampuan motoric kasar anak melalui metode gerak dan lagu. Dalam penelitian ini, skripsi menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus danjenis penelitian tindakan kelas (PTK) maka, penggumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Dari hasil penelitian ini, dapat diketahui bahwa metode gerak dan lagu dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar pada anak kelompok B di TK Nurul Ummah Sukomalo.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: kemampuan motoric kasar, gerak dan lagu.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pend. Guru Roudhotul Athfal
Depositing User: hafidz khoirul umam
Date Deposited: 25 Nov 2023 00:45
Last Modified: 25 Nov 2023 00:45
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1195

Actions (login required)

View Item View Item