STRATEGI PROMOSI DALAM MENINGKATKAN JUMLAH ANGGOTA DI KSPPSS BMT BERKAH INSAN MULIA CABANG MADURAN BERDASARKAN EKONOMI ISLAM

RIZQIYATIN, UZDAH (2022) STRATEGI PROMOSI DALAM MENINGKATKAN JUMLAH ANGGOTA DI KSPPSS BMT BERKAH INSAN MULIA CABANG MADURAN BERDASARKAN EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL ULUM LAMONGAN.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK_18053020_UZDAH RIZQIYAH.pdf

Download (149kB)
[img] Text
18053020_UZDAH RIZQIYAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

BMT merupakan lembaga keuangan alteernatif bagi masyarakat ekonomi menengah yang tidak dapat dijangkau oleh bank. Eksistensi bmt yang berdasarkan sistem syariah ini diharappkan dapat membantu masyarakat untuk meningkatkan kualitas ekonominya. Untuk menjaga eksistensinya bmt harus menerapkan hal yang pentinng dalam lembaga keuangan. Strataegi pemasaran ini dimaksudkan agar masyarakat mengetahui dan mengenal produk yang dimiliki lenbaga keuangan tersebut. Setiap lembaga keuangan dihadapkan dengan masalah mengenai pemasaran produk, oleh karena itu, sanngat diperlukan strategi pemasran yang baik dan sesuai dengan nilai-nilai pemasalan dalam islam, khususnya pada BMT BIM Cabang Maduran agar masyarajat bisa lebih mengenal dan memahami jasa-jasa yang diberikan sehingga hal tersebut akan berdampak pada peningkatan jumlah anggota bmt bim cabang maaduaran. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: bagaimana startegi promosi pada BMT BIM Cabang Maduran dalam meningkatkan jumlah anggota, bagaimana pandangan ekonomi islam tentang strategi promosi pada BMT BIM dalam meningkatkan jumlah anggota. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi promosi pada BMT BIM Cabang Maduran dalam meningkatkan jumlah anggota dan pandangan ekonomi islam tentang strategi promosi pada bmt bim dalam meningkatkan jumlah anggota. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunkan metode penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah badan pengawas, pengurusm dan pengelola bmt bim cabang maduran. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah direktur, marketing mal, kabag, umum dan SDI. Untuk analisis data penulis menggunakan metode berfikir induktif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa strategi promosi yang dilakukan BMT BIM Cabang Maduran dalam meningkatkan jumlah anggotanya yaitu: meningkatkan kualitas sumber daya insani dalam proses pelayanan kepada anggota (sasaran untuk semua produk), meningkatkan kegiatan promosi dan sosialisasi kepada masyarakat, baik dilakukan dengan cara mempromosikan nelalui periklanan berupa spanduk maupun brosur (sasaran untuk semua produk), memberikan program pinjaman ........ bagi pelaku usaha kecil yang mempunyai potensi dalam berwirausaha (sasaran untuk produk pembiayaan), BMT BIM Cabang Maduran memberikan apresiasi kepada anggotanya khususnya untuk produk simpanan yang meningkatkan jumlah saldo tabunganya (sasaran untuk produk simpanan). Dan dalan kegiatan promosinya BMT BIM Cabang Maduran juga mengembangkan bauran pemasaran (Marketing Mix), 4P Yaitu Product, Price, Place, Dan Promotion. Pandangan ekonomi islam tentang strategi pemasaran yang dilakuksn BMT BIM Cabang Maduran sudah sesuai prinsip syariah dan tidak bertentangan dengan etika bisnis islam.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Hildha Fadzillah Rachma
Date Deposited: 25 Nov 2023 03:48
Last Modified: 25 Nov 2023 03:48
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1202

Actions (login required)

View Item View Item