PENGARUH PROMO EVENT SHOPEE TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF DI KALANGAN MAHASISWA PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM TAHUN 2022 (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Islam Darul Ulum Lamongan)

LATHIFAH, UMMI NUR (2022) PENGARUH PROMO EVENT SHOPEE TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF DI KALANGAN MAHASISWA PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM TAHUN 2022 (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Islam Darul Ulum Lamongan). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL ULUM LAMONGAN.

[img] Text (Abstrak)
ABSRAK_18053021_UMMI NUR LATHIFAH.pdf

Download (114kB)
[img] Text
18053021_UMMI NUR LATHIFAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Promo event Shopee merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan oleh marketplace Shopee pada setiap bulan di tanggal dan bulan yang sama. Pada saat event, Shopee mengeluarkan banyak diskon, voucher hingga layanan gratis ongkir bagi seluruh penggunanya, alhasil dari adanya promo event Shopee bisa menimbulkan adanya perilaku konsumtif terutama di kalangan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara promo event Shopee terhadap perilaku konsumtif di kalangan mahasiswa Universitas Islam Darul Ulum Lamongan. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pengambilan sampel sebanyak 100 orang mahasiswa S-1 Universitas Islam Darul Ulum Lamongan. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu menyebarkan kuesioner via google form dan secara face to face (langsung) kepada mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu distribusi frekuensi, uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji regresi linier sederhana dan uji t yang kemudian diolah menggunakan SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh antara promo event Shopee terhadap perilaku konsumtif di kalangan mahasiswa Universitas Islam Darul Ulum Lamongan berdasarkan pada hasil uji t yang menghasilkan t hitung ≤ t tabel yaitu -1,953 ≤ 0,201 dan berdasarkan tingkat signifikansi 0,054 ≥ 0,05 di mana dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa H0 diterima dan H1 ditolak yang berarti tidak ada pengaruh antara promo event Shopee terhadap perilaku konsumtif di kalangan mahasiswa Universitas Islam Darul Ulum Lamongan. Saran yang dapat diberikan bagi responden yaitu agar responden tetap bisa mengontrol diri dengan membeli barang yang benar-benar dibutuhkan, sedangkan bagi peneliti selanjutnya disarankan agar mencari data yang lebih luas mengenai variabel yang bisa mempengaruhi perilaku konsumtif.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Hildha Fadzillah Rachma
Date Deposited: 25 Nov 2023 04:13
Last Modified: 26 Nov 2023 22:36
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1204

Actions (login required)

View Item View Item