HARIANTI, MARTINA (2021) PENGARUH HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION PADA MATERI ORGAN TUBUH MANUSIA BAGIAN LENGAN MATA PELAJARAN IPA KELAS III DI MI MUHAMMADIYAH KEDUNGWARAS MODO LAMONGAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL' ULUM LAMONGAN.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_17054011_MARTINA HARIANTI.pdf Download (166kB) |
|
Text
17054011_MARTINA HARIANTI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Harianti, Martina. 2021 “PEGARUH HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION PADA MATERI ORGAN TUBUH MANUSIA BAGIAN LENGAN MATA PELAJARAN IPA KELAS III DI MI MUHAMMADIYAH KEDUNGWARAS MODO�LAMONGAN” Universitas lslam Darul‟ Ulum Lamongan, Pembimbing (1) MAHBUB JUNAIDI, M.Th.I. (2) MUHAMMAD SURADJI, M.Pd,I Kata kunci: Hasil Belajar, Student Team Achievement Division, Pembelajaran IPA Pembelajaran IPA merupakan interaksi antar komponen-komponen pembelajaran seperti alat atau media belajar dalam bentuk kegiatan belajar mengajar untuk mencapai tujuan serta kompetensi yang telah ditetapkan. Hal ini bertolak belakang dengan realitas dikelas, guru masih menggunakan metode ceramah dan mengerjakan tugas siswa cenderung pasif yang berpegaruh terhadap rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk (1) mengidentifikasi penerapan strategi pembelajaran kooperatif Student Team Achievement Division pada pembelajaran IPA kelas III MI Muhammadiyah Kedungwaras Modo-Lamongan. (2) pengaruh hasil belajar peserta didik melalui Student Team Achievement Division pada pembelajaran IPA kelas III MI Muhammadiyah Kedungwaras Modo Lamongan. Penelitian ini menggunakan jenis deskripsi kualitatif dan kuatitatif. Subjek penelitian yaitu siswa kelas III MI Muhammadiyah Kedungwaras dengan jumlah 15 siswa. Pengumpulan data dari pelaksanaan tindakan di lapangan dengan teknik observasi aktifitas guru dan aktifitas siswa, hasil belajar siswa, angket, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan hasil belajar siswa mengalami peningkatan, pada pra siklus nilai rata-rata mencapai 42 dengan prestasi ketuntasan belajar 6,6 % Kreteria tidak lulus. Pada siklus I nilai-nilai mencapai 70 dengan prestasi ketuntasan belajar 46,6% Kreteria kurang. Pada siklus II nilai rata-rata mencapai 82,6 dengan prestasi 100% Kreteria sangat baik. Guru hendaknya terus meningkatkan wawasan dan pemehamanya kegiatan belajar mengajar lebih aktif, dan kreatif.
Item Type: | Name Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Hasil Belajar, Student Team Achievement Division, Pembelajaran IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pend. Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | hafidz khoirul umam |
Date Deposited: | 26 Nov 2023 10:07 |
Last Modified: | 26 Nov 2023 10:07 |
URI: | http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1215 |
Actions (login required)
View Item |