KHOFIFAH, UMI (2021) IMPLEMENTASI MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI BANIN BANAT GEGER. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL' ULUM LAMONGAN.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_17054018_UMI KHOFIFAH.pdf Download (162kB) |
|
Text
17054018_UMI KHOFIFAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Khofifah, Umi, 2021 “IMPLEMENTASI MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI BANIN BANAT GEGER” Unisda Lamongan Pembimbing (1) Dr. SAUQI FUTAQI, S.Pd.I., M.Pd.I. (2) ADHITA DWI HANDAYANI, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining, Pembelajaran Tematik, Hasil Belajar. Model pembelajaran adalah suatu langkah penting untuk mencapai tujuan dalam pembelajaran, khusunya pada pembelajaran tematik. Pendidik di MI Banin Banat Geger masih menggunakan model pembelajaran yang kurang efisien tanpa melibatkan siswa, sehingga siswa pasif, dan mengalami kesulitan belajar akibatnya hasil belajar rendah. Permasalahan tersebut diatasi dengan memperbaiki model pembelajaran, salah satunya mengimplementasikan model pembelajaran student facilitator and explaining, diharapkan pendidik dapat mengembangkan proses pembelajaran di kelas, sehingga siswa lebih aktif dan mudah memahami materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui implementasi model student facilitator and explaining pada pembelajaran tematik di kelas III MI Banin Banat Geger. (2) untuk mengetahui implikasi model student facilitator and explaining terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas III MI Banin Banat Geger, dengan jumlah 32 siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas. Adapun pengumpulan data selama proses penelitian meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan mengimplementasikan model pembelajaran student facilitator and explaining dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III pada pembelajaran tematik di MI Banin Banat Geger. Pada prasiklus, presentase ketuntuntasan belajar siswa 18.75% kategori kurang sekali, dengan rata-rata 52.81. Pada siklus I, presentase ketuntasan belajar siswa 46.87% masuk kategori kurang sekali, dengan rata-rata 71.00. Pada siklus II presentase ketuntasan belajar siswa 81.25% masuk pada kategori baik, dengan rata-rata 83.88. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka disimpulkan bahwa dengan mengimplementasikan model pembelajaran student facilitator and explaining dapat meningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik, siswa lebih aktif dalam memberikan ide atau pendapat, percaya diri, dan mudah berkomunikasi dalam kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Name Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining, |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pend. Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | hafidz khoirul umam |
Date Deposited: | 26 Nov 2023 10:22 |
Last Modified: | 26 Nov 2023 10:22 |
URI: | http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1216 |
Actions (login required)
View Item |