IMPLEMENTASI MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI MI ISLAMIYAH KEDUNGPENGARON

UMUSALAMAH, DEWI (2021) IMPLEMENTASI MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI MI ISLAMIYAH KEDUNGPENGARON. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL' ULUM LAMONGAN.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_17054022_DEWI UMUSALAMAH.pdf

Download (445kB)
[img] Text
17054022_DEWI UMUSALAMAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Umusalamah, Dewi. 2021 “IMPLEMENTASI MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV DI MI ISLAMIYAH KEDUNGPENGARON” Unisda Lamongan Pembimbing (I) Dr. SAUQI FUTAQI, M.Pd.I. (II) Adhita Dwi Handayani, S.Pd. Kata Kunci: Pembelajaran Project Based Learning, Keaktifan Belajar, Pembelajaran Tematik. Pendidikan dipandang sebagai proses belajar yang ditujukan untuk membangun manusia dengan pengetahuan dan keterampilan. Dalam dunia pendidikan selain ketiga aspek kognitif, afektif, dan psikomotor, mengembangkan kompetensi keterampilan berpikir kreatif juga sangat diperlukan sebagai bekal peserta didik agar menjadi peserta didik yang berharga, mampu berpikir secara kreatif sehingga dapat memecahkan berbagai permasalahan yang ada dan menemukan hal-hal yang baru. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengembangkan keterampilan berpikir kreatif adalah dengan model pembelajaran berbasis proyek (project based learning). Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui implementasi model Project Based Learning untuk peningkatan keaktifan belajar siswa kelas IV di MI Islamiyah Kedungpengaron. (2) Untuk mengetahui keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran tematik kelas IV di MI Islamiyah Kedungpengaron. Dalam penelitian ini, skripsi menggunakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Pengumpulan data pada skripsi ini berupa lembar observasi, angket dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Islamiyah Kedungpengaron, sedangkan objek penelitian adalah implementasi pembelajaran tematik dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning, peningkatan keaktifan belajar siswa pada tema Daerah Tempat Tinggalku. Dari hasil penelitian ini, dapat diketahui bahwa (1) mengetahui implementasi model Project Based Learning untuk peningkatan keaktifan belajar siswa terlaksana dengan baik, sesuai dengan hasil lembar observasi keaktifan siswa pada setiap siklus meningkat yang menunjukkan nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 4,4% dengan kriteria penilaian aktif. (2) Keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran Tematik dapat meningkatkan keaktifan dapat dilihat pada setiap siklus. Pada pra siklus skor nilai keaktifan siswa sebesar 2,1 dengan kategori kurang aktif, siklus I skor nilai siswa meningkat menjadi 3,7 dengan kategori mendekati aktif, dan meningkat sangat signifikan pada siklus II dengan skor nilai keaktifan belajar 4,1 dengan kategori mendekati sangat aktif. Hal ini menunjukan adanya peningkatan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran tematik dengan menggunakan model Projeck Based Learning.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pembelajaran Project Based Learning, Keaktifan Belajar, Pembelajaran Tematik.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pend. Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: hafidz khoirul umam
Date Deposited: 26 Nov 2023 10:44
Last Modified: 26 Nov 2023 10:44
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1217

Actions (login required)

View Item View Item