UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) MATERI KEPRIBADIAN NABI MUHAMMAD SAW DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PADA SISWA KELAS IV MI NURUL HIDAYAH SUGIHWARAS KEPOHBARU BOJONEGORO

ROCHMAN, MOHAMMAD KHOLILUR (2021) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) MATERI KEPRIBADIAN NABI MUHAMMAD SAW DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PADA SISWA KELAS IV MI NURUL HIDAYAH SUGIHWARAS KEPOHBARU BOJONEGORO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL' ULUM LAMONGAN.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_17054009_M KHOLILUR ROCHMAN.pdf

Download (125kB)
[img] Text
17054009_M KHOLILUR ROCHMAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Rochman, M Kholilur, 2021 “UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI) MATERI KEPRIBADIAN NABI MUHAMMAD SAW DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PADA SISWA KELAS IV MI NURUL HIDAYAH SUGIHWARAS KEPOHBARU BOJONEGORO” Universitas Islam Darul ‘ulum Lamongan. Pembimbing (1)MAHBUB JUNAIDI M.Th.I (2) MUHHAMAD SURADJI, M.Pd.I Kata Kunci : Hasil Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam, Media Video. Pembelajran Sejarah Kebudayaan Islam merupakan pembelajran dimana guru banyak menggunakan metode ceramah, sehingga siswa mengalami bosan dalam proses pembelajaran di kelas. Oleh sebab itu untuk mengaktifkan siswa, peneliti menggunakan media video dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Tujuan dari penelitian ini yakni, (1)Untuk mengetahui penerapan media video pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas IV MI Nurul Hidayah Sugihwaras, (2) untuk mengetahui hasil belajar peserta didik melalui media video pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas IV MI Nurul Hidayah Sugihwaras. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Adapun penegumpulan data dalam penelitian menggunakan observasi, wawancara, tes, catatan lapangan, dokumentasi. Penerapan media video: (1) guru memutarkan video pembelajaran, (2) guru menginstruksikan siswa membaca materi pembahasan, (3) guru memberikan beberapa pertanyaan pada siswa, (4) guru menjelaskan materi pembahasan, (5) guru memberikan soal untuk mengevaluasi hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan media video ini mengalami peningkatan pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas IV MI Nurul Hidayah Sugihwaras. Hasil ini dapat dilihat dari pra siklus hingga siklus III. Pada pra siklus nilai rata-rata 50,41 denagn presentase ketuntasan 33,3% kriteria ini tidak lulus. Pada siklus I, nilai rata-rata mencapai 65,41 dengan presentase ketuntasan belajar yaitu 58,3%. Pada siklus II, nilai rata-rata mencapai 80,41 dengan presentase ketuntasan belajar 83,3% kriteria ini kurang. Pada siklus III nilai rata-rata mencapai 85,83 dengan ketuntasan belajar 100% kriteria ini sangat baik. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa penggunaan media video pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Nurul Hidayah Sugihwaras.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Hasil Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam, Media Video.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pend. Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: hafidz khoirul umam
Date Deposited: 26 Nov 2023 11:50
Last Modified: 26 Nov 2023 11:50
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1222

Actions (login required)

View Item View Item