PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI PECAHAN BERDASARKAN TINGKAT KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA MTs ROUDLOTUL MUTA’ALLIMIN

Hasan, Rizaldi (2021) PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI PECAHAN BERDASARKAN TINGKAT KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA MTs ROUDLOTUL MUTA’ALLIMIN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL' ULUM LAMONGAN.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_17031012_RIZALDI HASAN.pdf

Download (147kB)
[img] Text
17031012_RIZALDI HASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Hasan, Rizaldi. 2021. Profil Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Pecahan Berdasarkan Tingkat Kemampuan Matematika Siswa MTs Roudlotul Muta’allimin. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Darul ‘Ulum Lamongan. Pembimbing: (1) Dr. Zaenal Arifin, M.Pd (2) Nur Khotimah, S.Si, M.Pd. Kata Kunci: Berpikir Kritis, Soal Cerita, Materi Pecahan Berpikir kritis adalah pemikiran yang masuk akal dan reflektif yang berfokus untuk memutuskan apa yang mesti dipercaya atau di lakukan. Salah satu contoh permasalahan dalam pembelajaran matematika di SMP adalah kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah, terutama masalah tersebut dalam bentuk soal cerita. Penelitian ini Mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII MTs Raudlotul Muta’allimin yang mempunyai kemampuan matematika level tinggi, sedang, rendah dalam menyelesaikan soal cerita. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif, karena menghasilkan data tertulis. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Roudlotul Muta’allimin yang berjumlah 6 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik triangulasi yaitu siswa menyelesaikan soal tes berpikir kritis untuk dibandingkan dengan hasil wawancara. Setelah siswa mengerjakan soal dan dilakukan penskoran. Metode tes dilakukan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa dan metode wawancara untuk mengetahui kelemahan dari siswa tersebut. Berdasrakan hasil penelitian ini bahwa siswa dengan kemampuan tinggi mempunyai kemampuan berpikir kritis yang sangat baik dengan presentase dengan presentase 33,3%., siswa dengan kemampuan sedang mempunyai kemampuan berpikir kritis baik dengan presentase 50% dan siswa dengan kemampuan rendah mempunyai kemampuan berpikir kritis yang kurang baik dengan presentase 16,7%

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Berpikir Kritis, Soal Cerita, Materi Pecahan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: hafidz khoirul umam
Date Deposited: 26 Nov 2023 12:08
Last Modified: 26 Nov 2023 12:08
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1223

Actions (login required)

View Item View Item