ANALISIS KOMPONEN SEMIOLOGI DALAM GENERALISASI MATEMATIS SISWA SMP DENGAN CONNECTIVITY THEOREM DI SMP MUHAMMADIYAH 1 SUMBERREJO BOJONEGORO TAHUN PELAJARAN 2021/2022

TIYANA, DEVINTA NUR (2021) ANALISIS KOMPONEN SEMIOLOGI DALAM GENERALISASI MATEMATIS SISWA SMP DENGAN CONNECTIVITY THEOREM DI SMP MUHAMMADIYAH 1 SUMBERREJO BOJONEGORO TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL' ULUM LAMONGAN.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_17031008_DEVINTA NUR TIYANA.pdf

Download (83kB)
[img] Text
17031008_DEVINTA NUR TIYANA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tiyana, D.N. 2021. Analisis Komponen Semiologi dalam Generalisasi Matematis Siswa SMP dengan Connectivity Theorem di SMP Muhammadiyah 1 Sumberrejo Bojonegoro Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Darul ‘Ulum Lamongan. Pembimbing: (1) Ali Shodikin, M. Pd., (2) Abdur Rohim, M.Pd. Kata Kunci: Komponen Semiologi, Generalisasi Matematis, dan Connectivity Theorem. Generalisasi matematis merupakan proses membuat kesimpulan berdasarkan fakta matematika dari keadaan khusus menuju kesimpulan umum yang berkaitan dengan pola dan mencakup empat tahap yaitu: perception of generality, expression of generality, symbolic expression of generality, dan manipulation of generality. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengetahui kemampuan generalisasi siswa dalam menyelesaikan soal pada materi pola bilangan yang berkaitan dengan connectivity theorem kelas VIII SMPM 1 Sumberrejo, 2) untuk mengetahui bagaimana gesture (sikap) yang muncul dalam generalisasi matematis siswa dalam memecahkan masalah matematika pada materi pola bilangan dengan connectivity theorem, 3) untuk mengetahui bagaimana word (kata) yang muncul dalam generalisasi matematis siswa dalam memecahkan masalah matematika pada materi pola bilangan dengan connectivity theorem, 4) untuk mengetahui bagaimana symbol (simbol) yang muncul dalam generalisasi matematis siswa dalam memecahkan masalah matematika pada materi pola bilangan dengan connectivity theorem. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Sumberrejo tahun ajaran 2020/2021. Subjek penelitan terdiri dari 2 siswa. Subjek dipilih berdasarkan hasil pretes generalisasi matematis. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes soal pola bilangan dengan connectivity theorem, postes soal generalisasi matematis materi pola bilangan, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) semiologi gesture yang muncul secara lengkap yaitu dalam generalisasi matematis pada tahapan perception of generality dan expression of generality; 2) word yang muncul dalam generalisasi matematis terjadi pada tahapan perception of generality, expression of generality dan symbolic expression of generality; 3) symbols yang muncul dalam generalisasi matematis terjadi pada tahapan perception of generality dan symbolic expression of generality.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Komponen Semiologi, Generalisasi Matematis, dan Connectivity Theorem.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: hafidz khoirul umam
Date Deposited: 26 Nov 2023 13:11
Last Modified: 26 Nov 2023 13:11
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1228

Actions (login required)

View Item View Item