ANALISIS BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BERBASIS ETNOMATEMATIKA DITINJAU DARI SELF-EFFICACY SISWA

NISAKHOTIN, FIRQOH (2021) ANALISIS BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BERBASIS ETNOMATEMATIKA DITINJAU DARI SELF-EFFICACY SISWA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL' ULUM LAMONGAN.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_17031018_Firqoh Nisakhotin.pdf

Download (295kB)
[img] Text
17031018_Firqoh Nisakhotin.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Nisakhotin, F. 2021. Analisis Berpikir Kreatif Siswa dalam menyelesaikan Soal Berbasis Etnomatematika Ditinjau dari Self-Efficacy Siswa. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Darul „Ulum Lamongan. Pembimbing: (1) Ali Shodikin, M.Pd., (2) Abdur Rohim, M.Pd. Kata kunci: Berpikir Kreatif, Etnomatematika, Self-Efficacy. Pada Era yang semakin modern, kurangnya berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika yang dilakukan dapat mengakibatkan siswa kurang mampu untuk mengasah kemampuannya dalam mendukung kemajuan teknologi yang akan datang. Berpikir kreatif merupakan sebuah kemampuan seseorang dalam menemukan berbagai ide untuk menciptakan sesuatu yang berbeda dalam menghadapi berbagai macam situasi yang terjadi. Faktor lain yang mempengaruhi proses pembelajaran matematika yaitu self-efficacy (kemampuan diri) setiap siswa. Self-efficacy adalah kemampuan individu dalam menilai kemampuan dirinya. Sehingga ketika siswa mampu menilai kemampuan dirinya tinggi, maka siswa tersebut dapat dikatakan mampu untuk berpikir kreatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal berbasis etnomatematika ditinjau dari self-efficacy siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Sumberrejo tahun ajaran 2021/2022. Subjek penelitan terdiri dari 2 siswa dengan self-efficacy tinggi, 2 siswa dengan self-efficacy sedang, dan 2 siswa dengan self-efficacy rendah. Subjek yang dipilih berdasarkan hasil pengisian angket self-efficacy siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket self-efficacy siswa, tes soal berpikir kreatif berbasis etnomatematika, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa tidak sama dengan tingkatan self-efficacy. Subjek dengan self-efficacy tinggi kemampuan berpikir kreatif cenderung lebih rendah dibandingkan dengan subjek yang memiliki self-efficacy sedang dan rendah, subjek dengan self-efficacy sedang kemampuan berpikir kreatif lebih tinggi dari subjek dengan self-efficacy tinggi dan rendah, dan subjek dengan self-efficacy rendah cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan subjek yang memiliki self-efficacy tinggi

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Berpikir Kreatif, Etnomatematika, Self-Efficacy.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: hafidz khoirul umam
Date Deposited: 26 Nov 2023 13:23
Last Modified: 26 Nov 2023 13:23
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1230

Actions (login required)

View Item View Item