HIDAYAH, NUR (2021) ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN FLORENCE LITTAUER. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL' ULUM LAMONGAN.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_17031007_NUR HIDAYAH.pdf Download (89kB) |
|
Text
17031007_NUR HIDAYAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Hidayah, Nur. 2021. Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variable Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Florence Littauer. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Darul ‘Ulum Lamongan. Pembimbing: (1) Ali Shodikin, M.Pd (2) Khafidhoh Nurul Aini, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Analisis, Representasi Matematis, Tipe Kepribadian Florence Littauer. Representasi Matematis adalah ungkapan dari gagasan-gagasan atau ide-ide matematika yang ditampilkan siswa dalam upayanya untuk mencari suatu solusi dari masalah yang sedang dihadapinya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan representasi matematis siswa mengerjakan soal matematika yang berkaitan dengan kemampuan representasi, hanya sebagian kecil siswa menjawab benar, dan sebagian besar lainnya lemah dalam memanfaatkan kemampuan representasi yang dimilikinya. Dalam penelitian ini peneliti juga menggunakan tipe kepribadian Florence Littauer karena setiap orang memiliki tipe kepribadian yang berbeda-beda, sehingga penanganannya berbeda pula. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan representasi matematis siswa SMP dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variable ditinjau dari tipe kepribadian Florence Littauer. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII-C di SMP Negeri 2 Sukodadi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, dan wawancara. Data angket digunakan untuk mengetahui tipe kepribadian siswa yaitu: Sanguinis, koleris, melankolis dan phlrgmatis. Subjek penelitian ini terdiri dari 8 subjek yaitu: S1 dan S2 (sanguinis), K1 dan K2 (koleris), M1 dan M2 (melankolis), P1 dan P2 (phlegmatis). Masing-masing subjek diberikan soal tes kemampuan representasi matematis dilanjutkan dengan wawancara untuk mengetahui pemenuhan tiap indikator representasi matematis yang dicapai siswa. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan didapat: Siswa dengan tipe kepribadian sanguinis tergolong berkemampuan tinggi mampu menyelesaikan representasi visual dan simbolik, berkemampuan sedang kurang mampu menyelesaikan representasi verbal, dan siswa tergolong berkemampuan sedang kurang mampu menyelesaikan seluruh indikator kemampuan representasi matematis. Siswa dengan tipe kepribadian koleris tergolong berkemampuan sedang kurang mampu menyelesaikan indikator representasi visual dan simbolik, berkemampuan rendah belum mampu menyelesaikan representasi verbal dan siswa tergolong berkemampuan rendah belum mampu menyelesaikan seluruh indikator kemampuan representasi matematis. Siswa dengan tipe kepribadian melankolis tergolong berkemampuan tinggi mampu menyelesaikan seluruh indikator kemampuan representasi matematis. Siswa dengan tipe kepribadian phlegmatis tergolong berkemampuan rendah belum mampu menyelesaikan seluruh indikator kemampuan representasi matematis.
Item Type: | Name Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Analisis, Representasi Matematis, Tipe Kepribadian Florence Littauer. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | hafidz khoirul umam |
Date Deposited: | 26 Nov 2023 23:29 |
Last Modified: | 26 Nov 2023 23:29 |
URI: | http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1239 |
Actions (login required)
View Item |