ROHMAH, SHINTA SA’ADATUR (2021) ANALISIS PENALARAN ADAPTIF SISWA MTS DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI PRISMA DAN LIMAS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF HOLIST�SERIALIST. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL' ULUM LAMONGAN.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_17031006_SHINTA SAADATUR ROHMAH.pdf Download (108kB) |
|
Text
17031006_SHINTA SAADATUR ROHMAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) | Request a copy |
Abstract
Shinta Sa’adatur Rohmah, 2021. Analisis Penalaran Adaptif Siswa MTs dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Prisma dan Limas Ditinjau dari Gaya Kognitif Holist-Serialist. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Darul ‘Ulum Lamongan. Pembimbing: (1) Luluk Faridah, M. Pd., (2) Khafidoh Nurul Aini, S.Si, M.Pd. Kata Kunci: Penalaran Adaptif, Prisma dan Limas, Holist-Serialist. Penalaran adaptif merupakan kemampuan yang tidak hanya meliputi kemampuan penarikan kesimpulan secara logis saja, akan tetapi meliputi kemampuan siswa untuk memperkirakan jawaban, memberikan penjelasan mengenai konsep yang diberikan, dan membuktikan secara matematis. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengetahui kemampuan penalaran adaptif siswa MTs Ma’arif Sungegeneng, dalam menyelesaikan soal pada materi prisma dan limas ditinjau dari gaya kognitif holist 2) mengetahui kemampuan penalaran adaptif siswa MTs Ma’arif Sungegeneng dalam menyelesaikan soal pada materi prisma dan limas ditinjau dari gaya gaya kognitif serialist. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Ma’arif Sungegeneng tahun ajaran 2020/2021. Subjek penelitan terdiri dari 3 siswa dengan gaya kognitif holist dan 3 siswa dengan gaya kognitif serialist. Subjek dipilih berdasarkan hasil tes gaya kognitif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, tes soal penalaran adaptif dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan Penalaran Adaptif oleh siswa gaya kognitif holist mampu mencapai 5 indikator penalaran adaptif yakni menyusun dugaan, memberikan alasan atau bukti terhadap kebenaran suatu pertanyaan, menarik kesimpulan dari suatu pernyataan, memeriksa kesahihan suatu argumen, dan menemukan pola pada gejala matematis. Sedangkan kemampuan penalaran adaptif siswa dengan gaya kognitif serialist hanya mampu mencapai 3 indikator Penalaran Adaptif yakni menyusun dugaan, memberikan alasan atau bukti terhadap kebenaran suatu pertanyaan, dan memeriksa kesahihan suatu argumen.
Item Type: | Name Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Penalaran Adaptif, Prisma dan Limas, Holist-Serialist. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | hafidz khoirul umam |
Date Deposited: | 26 Nov 2023 23:48 |
Last Modified: | 26 Nov 2023 23:48 |
URI: | http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1241 |
Actions (login required)
View Item |