PEMBELAJARAN SAINS MELALUI METODE EKSPERIMEN BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA PERSATUAN II KADUNGREJO BAURENO BOJONEGORO

YULAIKAH, SITI (2023) PEMBELAJARAN SAINS MELALUI METODE EKSPERIMEN BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA PERSATUAN II KADUNGREJO BAURENO BOJONEGORO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL’ULUM LAMONGAN.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_SITI YULAIKAH_19055003.pdf

Download (312kB)
[img] Text
SITI YULAIKAH_19055003.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci : Pembelajaran Sains, Metode Eksperimen Berbasis Saintifik. Pendidikan anak usia dini merupakan pengembangan kurikulum secara kongkrit, yaitu rencana pembelajaran yang memuat pengalaman belajar melalui bermain, berdasarkan tugas perkembangan anak. Melalui pembelajaran yang tepat, dapat memberi pemahaman sedini mungkin. Begitu pula pengenalan sains, harus dilakukan tepat melalui kegiatan menyenangkan. Faktanya anak kurang tertarik pada sains, oleh karena itu guru harus menguasai berbagai metode. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan, Manfaat dan Kendala pembelajaran sains melalui metode eksperimen berbasis pendekatan saintifik Pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan II Kadungrejo. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan, manfaat dan kendala pembelajaran sains melalui metode eksperimen berbasis pendekatan saintifik pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan II Kadungrejo. Penelitian ini merupakan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini, pembelajaran dilakukan dengan perencanaan yaitu guru menyusun RPPH dengan menentukan sub tema kegiatan eksperimen dan mempersiapkan alat serta bahan, pelaksanaan sesuai RPPH berbasis saintifik melalui kegiatan 5M, dan evaluasi guru mengamati siswa selama pembelajaran dan memberi ceklis lembar penilaian. Manfaat yang didapat siswa adalah menumbuhkan minat belajar, mengembangkan rasa ingin tahu, memperkenalkan konsep dasar pengetahuan alam, menstimulasi kemampuan mengamati, belajar sambil bermain, mendapat pengalaman belajar bermakna dari kegiatan 5M, menstimulasi enam aspek perkembangan, dan mengembangkan literasi sains pada anak. Kendala pembelajaran berasal dari kurangnya kesiapan belajar siswa, sikap dan perilaku kurang baik, siswa merasa jenuh, kurangnya kemampuan guru dan kurangnya dukungan orang tua saat pembelajaran.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pend. Guru Roudhotul Athfal
Depositing User: Moh Wafa Al-hasib
Date Deposited: 27 Nov 2023 01:26
Last Modified: 27 Nov 2023 01:26
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1246

Actions (login required)

View Item View Item