FINGER PAINTING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SENI MELUKIS PADA ANAK USIA DINI

SHOFIKA, SALSABILA (2023) FINGER PAINTING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN SENI MELUKIS PADA ANAK USIA DINI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL’ULUM LAMONGAN.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_VIVi SALSABILA_19055001.pdf

Download (437kB)
[img] Text
VIVi SALSABILA_19055001.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci: Finger Painting, Seni Melukis, Anak Usia Dini Media pembelajaran sangat penting dalam melakukan pembelajaran dan pengembangan perkembangan anak. Finger painting adalah teknik meklukis menggunakan jari tanpa menggunakan bantuan alat dengan cara menggoreskan cat warna pada kertas atau media lukis. Perkembangan seni sangat penting bagi anak salah satunya yaitu seni melukis, kegiatan seni dapat membuat anak menjadi kreatif, anak bisa mengembangkan imajinasinya melalui kegiatan finger painting, karena adanya penggunaan alat dan bahan yang dapat memicu anak untuk ingin tahu dengan begitu akan dapat terjadi pengalaman edukatif pada diri anak. Tujuan penlitian ini adalah: (1) untuk mengetahui kegiatan finger painting di TK Dharma Wanita Persatuan II Kadungrejo, Bojonegoro, (2) untuk mengetahu hasil capaian perkembangan seni melukis melalui finger painting di TK Dharma Wanita Persatuan II Kadungrejo, Bojonegoro. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif Populasi target dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelompok A yang berjumlah 14 siswa. Instrument yang digunakan oleh peneliti adalah Lembar observasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi, Analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, sehingga data yang dikumpulkan pada setiap kegiatan observasi yang dilakukan setiap hari dianalisis dengan teknik presentase Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menemukan bahwa : (1) Langkahlangkah finger painting sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan stimulasi perkembangan seni anak usia dini di TK Dharma Wanita Persatuan II Kadungrejo, Bojonegoro yaitu teknik yang digunakan membuat lukisan dengan jari dan cat dalam proses meningkatkan perkembangan seni anak, (2) hasil capaian finger painting sebagai media pembelajaran terlihat setiap hari perkembangan seni melukis anak terus meningkat, hasil observasi hari selasa presentase peningkatan seni melukis anak adalah 52,29%. Presentase hari rabu peningkatan perkembangan seni melukis anak adalah 75,51%. Hasil observasi pada hari kamis peningkaatan perkembangan seni melukis anak semakin meningkat yaitu adalah 97.95%. ng, Presentasi peningkatan seni melukis anak kelompok A adalah 97.95%

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pend. Guru Roudhotul Athfal
Depositing User: Moh Wafa Al-hasib
Date Deposited: 27 Nov 2023 01:36
Last Modified: 27 Nov 2023 01:53
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1248

Actions (login required)

View Item View Item