IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IX B PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTs SATU ATAP KEBON DALEM DESA TANGGUNGAN KECAMATAN PUCUK KABUPATEN LAMONGAN

AZIZI, A. NAFIDZUL (2023) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IX B PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTs SATU ATAP KEBON DALEM DESA TANGGUNGAN KECAMATAN PUCUK KABUPATEN LAMONGAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL’ULUM LAMONGAN.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_A. NAFIDZUL AZIZI_19051091-8.pdf

Download (335kB)
[img] Text
A. NAFIDZUL AZIZI_19051091.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci: Learning Start With A Question (LSQ), Motivasi Belajar, Model Pembelajaran. Adapun tujuan penulisan ini adalah: (1) untuk mengetahui bagaimana cara mengimplementasikan model pembelajaran learning start with a question (2) untuk mengetahui seberapa besar peningkatan motivasi belajar siswa melalui model pembelajaran tersebut pada mata pelajaran Akidah Akhlak siswa kelas IX B. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus yang setiap siklus ada 4 tahap yaitu tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan tahap refleksi. Subyek penelitian tindakan kelas siswa kelas IX B MTs Satu Atap Kebon Dalem dengan jumlah 26 siswa. Pengambilan data menggunakan tes, observasi, dan angket. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan teknik statistik deskriptif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model belajar learning start with a question dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dengan melihat dari sisi ekstrinsik yaitu keaktifan dan hasil belajar siswa yang mencapai target: (1) peningkatan keaktifan belajar siswa yang presentase pada siklus I sebesar 50% meningkat pada siklus II menjadi 66% dan meningkat pada siklus III menjadi 84%. Selain itu, model pembelajaran ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada tes siklus I siswa yang tuntas mencapai 23,08%, siklus II meningkat menjadi 61,54%, dan meningkat mencapai 88,46% pada siklus III.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Moh Wafa Al-hasib
Date Deposited: 27 Nov 2023 03:59
Last Modified: 27 Nov 2023 03:59
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1280

Actions (login required)

View Item View Item