KLASTERISASI KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SANTRI PONPES IDHOTUN NASYI’IN MENGGUNAKAN METODE FUZZY CLUSTERING MEANS

Anggraeni, Sofia Ratna (2021) KLASTERISASI KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SANTRI PONPES IDHOTUN NASYI’IN MENGGUNAKAN METODE FUZZY CLUSTERING MEANS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL' ULUM LAMONGAN.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_17081001_SOFIA RATNA ANGGRAENI.pdf

Download (419kB)
[img] Text
17081001_SOFIA RATNA ANGGRAENI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Guru sering mengalami kesulitan saat kegiatan pembelajaran membaca Al�Qur’an atau sering disebut mengaji Al-Qur’an. Hal ini terjadi karena perbedaan kemampuan membaca Al-Qur’an santri. Ada santri dengan kemampuan membaca biasa dan diatas rata-rata. Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan klasterisasi santri berdasarkan kemampuan membaca dengan indikator nilai tajwid, makhraj dan kelancaran membaca. Dalam klasterisasi ini akan dibagi menjadi 2 klaster yaitu biasa dan unggul. Metode klasterisasi menggunakan Fuzzy ClusteringMeans. Keunggulan FCM adalah dapat memberikan hasil pengelompokkan bagi objek-objek yang tersebar tidak teratur. Berdasarkan hasil klasterisasi diperoleh dua klaster dengan fungsi objektif optimal 37894,2517660601. Klaster pertama merupakan klaster santri biasa yang terdiri dari 37 santri dan klaster kedua merupakan klaster santri unggul yang terdiri dari 38 santri. Hasilnya selisih satu santri, tapi dalam hal ini Guru harus bekerja keras untuk meningkatkan 37 santri biasa menjadi unggul. Untuk mengurangi yang biasa agar meningkatkan yang unggul. Kata Kunci: Santri, Klasterisasi,Fuzzy ClusteringMeanS

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Santri, Klasterisasi,Fuzzy ClusteringMeanS
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: hafidz khoirul umam
Date Deposited: 27 Nov 2023 06:04
Last Modified: 27 Nov 2023 06:04
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1293

Actions (login required)

View Item View Item