ANALISIS METAKOGNISI SISWA SMP DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA BERBASIS ETNOMATEMATIKA JAJANAN TRADISIONAL LAMONGAN DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN HIPPOCRATES-GALENUS

DWI NOVIANI, SULIS (2023) ANALISIS METAKOGNISI SISWA SMP DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA BERBASIS ETNOMATEMATIKA JAJANAN TRADISIONAL LAMONGAN DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN HIPPOCRATES-GALENUS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL’ULUM LAMONGAN.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Skripsi Sulis Dwi Noviani (19031020)-8.pdf

Download (204kB)
[img] Text
Skripsi Sulis Dwi Noviani (19031020).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci: Metakognisi, Memecahkan Masalah, Etnomatematika, Tipe Kepribadian Hippocrtaes-Galenus Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa, Hal ini dikarenakan tingkat kesadaran setiap siswa berbeda dalam memecahkan masalah. Perbedaan tingkat kesadaran tersebut karena setiap siswa memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, bisa menggunakan soal yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari khususnya budaya yang ada di sekitar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan metakognisi siswa SMP dalam memecahkan masalah matematika yang berbasis etnomatematika pada siswa yang memiliki tipe kepribadian Hippocrates-Galenus yaitu sanguinis, choleris, melancholis dan phlegmatis. Untuk subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Sukodadi. Sedangkan dalam penelitian hanya diambil 8 siswa, dengan masing-masing tipe kepribadian berjumlah 2 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket, tes dan wawancara. Metode angket digunakan untuk mengklasifikasikan siswa berdasarkan tipe kepribadian. Metode tes digunakan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Sedangkan metode wawancara digunakan untuk mendapatkan informasi mendalam mengenai metakognisi siswa dalam memecahkan masalah.. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa tipe kepribadian sanguinis, choleris, melancholis, dan phlegmatis memiliki metakognisi yang berbeda dalam memecahkan masalah matematika berbasis etnomatematika jajanan tradisional Lamongan. Siswa bertipe sanguinis memenuhi indikator metakognisi hanya pada tahap mengembangkan rencana saja. Siswa bertipe choleris memenuhi indikator metakognisi pada tahap perencanaan dan pemantauan, namun tidak memenuhi tahap pemeriksaan karena sifatnya yang selalu merasa benar. Siswa bertipe melancholis memenuhi semua indikator metakognisi meliputi tahap perencanaan, tahap pemantauan, dan tahap pemeriksaan. Siswa bertipe phlegmatis memenuhi indikator metakognisi pada tahap perencanaan dan pemantauan, namun siswa tidak memenuhi pada tahap pemeriksaan. Dengan adanya hasil penelitian ini diharapkan bisa dijadikan pertimbangan oleh semua pendidik untuk mengetahui setiap karakteristik siswa.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Moh Wafa Al-hasib
Date Deposited: 27 Nov 2023 06:01
Last Modified: 27 Nov 2023 06:01
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1294

Actions (login required)

View Item View Item