NUR LAELY, AFIFAH (2023) PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) BERBANTUAN ALAT PERAGA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMP PLUS AL MUHIBBIN JATIROGO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL’ULUM LAMONGAN.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Skripsi Afifah Nur Laely 19031008-8.pdf Download (206kB) |
|
Text
Skripsi Afifah Nur Laely 19031008.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Kata Kunci : Realistic Mathematics Education (RME), Alat Peraga Realstik, Koneksi Matematis Siswa. Koneksi matematis adalah suatu keterkaitan antara konsep-konsep matematika secara internal ataupun keterkaitan secara eksternal, yaitu matematika dengan bidang lain maupun dengan kehidupan sehari-hari. Namun pada kenyataannya, banyak siswa yang masih memiliki kemampuan koneksi matematis yang rendah. Hal ini disebabkan karena kurangnya motivasi dari siswa dalam belajar matematika dan banyak guru yang masih menggunakan Pembelajaran Konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan antara kemampuan koneksi matematis siswa yang diajar dengan penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan Alat Peraga Realistik dan kemampuan koneksi matematis siswa yang diajar dengan Pembelajaran Konvensional pada materi Peluang di kelas VIII SMP Plus Al Muhibbin Jatirogo. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui lebih baik mana antara kemampuan koneksi matematis siswa yang diajar dengan penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan Alat Peraga Realistik dan kemampuan koneksi matematis siswa yang diajar dengan Pembelajaran Konvensional pada materi Peluang di kelas VIII SMP Plus Al Muhibbin Jatirogo (Jika ada perbedaan yang signifikan). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan VIII B di SMP Plus Al Muhibbin Jatirogo yang masing-masing kelas berjumlah 18 siswa. Penelitian ini menggunakan nilai kemampuan koneksi matematis siswa yang digunakan untuk menjawab rumusan masalah dalam penelitian ini. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan antara kemampuan koneksi matematis siswa yang diajar dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan Alat Peraga Realistik dan kemampuan koneksi matematis siswa yang diajar dengan Pembelajaran Konvensional. Hasil penelitian ini juga menunjukkan kemampuan koneksi matematis siswa yang diajar menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dengan berbantuan Alat Peraga Realistik lebih baik dibandingkan dengan kemampuan koneksi matematis siswa yang diajar menggunakan Pembelajaran Konvensional pada materi Peluang di kelas VIII SMP Plus Al Muhibbin Jatirogo tahun ajaran 2023/2024.
Item Type: | Name Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Moh Wafa Al-hasib |
Date Deposited: | 27 Nov 2023 06:11 |
Last Modified: | 27 Nov 2023 06:11 |
URI: | http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1295 |
Actions (login required)
View Item |