ANALISIS KEMAMPUAN NUMERIK SISWA MTS KELAS VIII DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI SELF-EFFICACY

MUKHOLIFAH, UMI (2023) ANALISIS KEMAMPUAN NUMERIK SISWA MTS KELAS VIII DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI SELF-EFFICACY. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL’ULUM LAMONGAN.

[img] Text
abstraK_SKRIPSI_UMI MUKHOLIFAH (19031007)-8.pdf

Download (122kB)
[img] Text
SKRIPSI_UMI MUKHOLIFAH (19031007).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci: Kemampuan Numerik, Memecahkan Masalah Matematis, SelfEfficacy Matematika merupakan mata pelajaran yang wajib ditempu pada setiap jenjang pendidikan. Banyak cara untuk memecahkan berbagai soal matematika, setiap siswa pasti memiliki kemampuan numeriknya sendiri terkhusus bagaimana memecahkan soal matematika dari tingkat mudah sampai sulit sesuai dengan kepercayaan diri siswa yang berbeda-beda. Kemampuan yang dimiliki seseorang untuk merasa percaya diri dalam menyelesaikan masalah dalam kehidupannya tersebut yang harus diselesaikan dengan baik yaitu dikenal dengan Self-Efficacy. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan numerik siswa dalam memecahkan masalah matematis ditinjau dari Self-Efficacy. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII G Takhassus Tahfidz MTs Tarbiyatut Tholabah Tahun Pelajaran 2022/2023. Subjek terdiri dari 6 siswa, yaitu 2 siswa yang memiliki SelfEfficacy kategori tinggi, 2 siswa yang memiliki Self-Efficacy kategori sedang dan 2 siswa yang memiliki Self-Efficacy rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes dan wawancara. Angket yang digunakan untuk mengetahui Self-Efficacy siswa berdasarkan 3 kategori, sedangkan tes digunakan untuk mengetahui kemampuan numerik siswa dalam memecahkan masalah matematis. Berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat bahwa kemampunan numerik siswa dalam memecahan masalah matematis ditinjau dari Self-Efficacy kategori tinggi, sedang dan rendah memiliki proses yang berbeda-beda. Siswa yang memiliki SelfEfficacy kategori tinggi mampu menyelesaikan 4 soal kemampuan numerik dengan 4 indikator pemecahan masalah dengan maksimal yang mengakibatkan keberhasilan dalam memecahkan masalah yang dihadapi. Siswa yang memiliki Self-Efficacy kategori sedang mampu menyelesaikan 4 soal kemampuan numerik dengan 3 indikator pemecahan masalah saja, siswa kurang maksimal dalam memeriksa kembali pada soal kemampuan numerik. Siswa yang memiliki SelfEfficacy kategori rendah belum mampu menyelesaikan 4 soal kemampuan numerik dengan memenuhi 4 indikator pemecahan masalah matematis, sehingga siswa sulit untuk memecahkan setiap terdapat permasalahan.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Moh Wafa Al-hasib
Date Deposited: 27 Nov 2023 06:54
Last Modified: 27 Nov 2023 06:54
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1303

Actions (login required)

View Item View Item