ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS PADA MATERI PELUANG DI KELAS VIII MTs ISLAMIYAH TULUNGAGUNG BAURENO DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA

MIFTAKHUR ROHMAH, NELLA (2023) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS PADA MATERI PELUANG DI KELAS VIII MTs ISLAMIYAH TULUNGAGUNG BAURENO DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL’ULUM LAMONGAN.

[img] Text
ABSTRAK_SKRIPSI_NELLA MR (19031012)-8.pdf

Download (123kB)
[img] Text
SKRIPSI_NELLA MR (19031012).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Logis, Peluang, Gaya Belajar. Matematika merupakan ilmu dasar yang memiliki peran penting untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Hal ini sesuai dengan pendapat ahli matematika, bahwa matematika adalah ratunya ilmu ataupun indungnya ilmu pengetahuan. Tujuan dari pembelajaran matematika adalah untuk menciptakan insan akademik yang siap menghadapi bermacam perkembangan zaman. Setiap siswa memiliki metode belajar yang unik, yang dapat memungkinkannya untuk mudah menyerap informasi yang dipelajari dan menjawab masalah matematika dengan baik. antar siswa memiliki cara dalam menanggapi pembelajarannya disebut dengan gaya belajar. Gaya belajar diklasifikasikan menjadi tiga kategori, yaitu visual, auditori dan kinestetik. Setiap siswa itu unik, yang tercermin dalam pendekatan mereka dalam memecahkan masalah matematika. Karena gaya belajar setiap siswa itu unik, maka kemampuan berpikir logis matematis setiap siswa akan berbeda.Penelitian ini bertujuan unutk mendeskripsika kemampuan berpikir lgis siswa pada materi peluang di kelas VIII MTs Islamiyah Tulungung Baureno ditinjau dari gaya belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini terdirii dari 6 siswa, dengan 2 kriteria gaya belajar kinestetik, 2 kriteria gaya belajar auditori, 2 kriteria gaya belajar visual. Pengumpulan daaa menggunakan angket, tes dan wawancara semi terstruktur. Proses analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Hasil dari analisis tersebut Siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik dapat memenuhi seluruh indikator kemampuan berpikir logis antara lain keruntutan berpikir, kemampuan berargumen dan penarikan simpulan. Adapun siswa yang memiliki gaya belajar visual mampu memenhi seluruh indikator kemampuan berpikir logis yakni kerunututan berpikir dan kemampuan berargumen, kemampuan penarikan simpulan, sedangkan siswa yang memiliki gaya belajar auditori hanya memenuhi keruntutan berpikir saja

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Moh Wafa Al-hasib
Date Deposited: 27 Nov 2023 07:04
Last Modified: 27 Nov 2023 07:04
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1305

Actions (login required)

View Item View Item