ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN LEVEL DISPOSISI MATEMATIS SISWA DALAM PENERAPAN PENDEKATAN RME DI KELAS VIII MTs. MA’ARIF WONOKERTO

Fitroh, Lailatul (2023) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN LEVEL DISPOSISI MATEMATIS SISWA DALAM PENERAPAN PENDEKATAN RME DI KELAS VIII MTs. MA’ARIF WONOKERTO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL’ULUM LAMONGAN.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_SKRIPSI_Lailatul Fitroh_19031003-8.pdf

Download (127kB)
[img] Text
SKRIPSI_Lailatul Fitroh_19031003.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Disposisi Matematis Siswa, Pendekatan RME. Salah satu kompetensi dalam matematika adalah kemampuan berpikir logis dan sistematis.Dalam pembelajaran matematika sering ditemukan fakta bahwa kemampuan siswa dalam memecahkan masalah masih relatif rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematis pada materi peluang berdasarkan level disposisi matematis tinggi, sedang, dan rendah. Subjek dalam penelitian ini adalah 6 siswa di kelas VIII MTs. Ma’arif Tanwirul Qulub Wonokerto Tahun Ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket disposisi matematis, tes soal kemampuan pemecahan masalah, dan wawancara. Soal yang digunakan untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah siswa berupa soal essay yang berjumlah 3 soal. Wawancara bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah yang menjadi penguat tes soal yang telah dikerjakan oleh subjek.Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa Subjek dengan disposisi matematis tinggi sudah memenuhi indikator kemampuan pemecahan masalah matematis mulai dari memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian, dan memeriksa kembali hasil jawabanya. Subjek dengan disposisi matematis sedang hanya dapat memenuhi 3 indikator kemampuan pemecahan masalah matematis mulai dari memahami masalah, merencanakan penyelesaian, dan melaksanakan rencana penyelesaian. Sedangkan subjek dengan disposisi matematis rendah hanya dapat memenuhi 3 indikator kemampuan pemecahan masalah matematis mulai dari memahami masalah, merencanakan penyelesaian, dan melaksanakan rencana penyelesaian. Akan tetapi pada tahap merencankan penyelesaian dan melaksanakan rencana penyelesaian, subjek mengalami kesalahan dalam perhitungan.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Moh Wafa Al-hasib
Date Deposited: 27 Nov 2023 07:13
Last Modified: 27 Nov 2023 07:13
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1306

Actions (login required)

View Item View Item