PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN OPEN-ENDED MENGGUNAKAN METODE IMPROVE DENGAN ALAT PERAGA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN POLA BILANGAN DI KELAS VIII MTs. DARUL MA’ARIF SOLOKURO

HUDA, AHSANUL (2023) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN OPEN-ENDED MENGGUNAKAN METODE IMPROVE DENGAN ALAT PERAGA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN POLA BILANGAN DI KELAS VIII MTs. DARUL MA’ARIF SOLOKURO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL’ULUM LAMONGAN.

[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_SKRIPSI_AHSANUL HUDA (18031035)-9.pdf

Download (172kB)
[img] Text
SKRIPSI_AHSANUL HUDA (18031035).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci: Pendekatan Open-Ended, Metode Improve, Kemampuan Berpikir Kreatif. sssssssPada umumnya para pendidik matematika masih cenderung pada latihan penyelesaian soal yang bersifat prosedural dan mengakomodasi pengembangan berpikir tingkat rendah dan kurang dalam mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Pendekatan pembelajaran Open-Ended adalah suatu pendekatan pembelajaran yang memanfaatkan permasalahan terbuka yang memiliki lebih dari satu jawaban yang benar. Dengan mengkombinasikan pendekatan Open-Ended dan metode Improve, diharapkan kemampuan berpikir kreatif siswa dapat testimulan dan siswa dapat menyelesaikan berbagai macam bentuk permasalahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajar menggunakan penerapan Pendekatan Open-Ended menggunakan Metode Improve dengan alat peraga realistik dan kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajar menggunakan Pembelajaran Konvensional. aaaaaaPenelitian ini dilakukan di MTs. Darul Ma’arif Solokuro, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A sebanyak 26 siswa sebagai kelas eksperimen yang diberi pembelajaran Pendekatan Open-Ended menggunakan Metode Improve dan VIII-B sebanyak 26 siswa sebagai kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah true eksperimental design dengan desain pretest-posttest kelompok kontrol subjek random. aaaaaaHasil dari penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajar menggunakan penerapan Pendekatan Open-Ended menggunakan Metode Improve dengan alat peraga realistik dan kemampuan berpikir kreatif siswa yang diajar menggunakan Pembelajaran Konvensional. Perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen dan kontrol terlihat pada perolehan persentase pretest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki selisih yang cukup signifikan yaitu 43,38% untuk kelas eksperimen sedangkan kelas kontrol 37,73%. Perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa juga dapat dilihat dari hasil uji independent t-test nilai prettest siswa dengan asumsi varian sama (Equal varians assumed) diperoleh nilai sig (2-tailed) 0,014 < 0,05. Selanjutnya dilakukan analisis peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan analisis Gain. Nilai rata-rata Gain pada kelas eksperimen adalah 20 sedangkan pada kelas kontrol adalah 15.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Moh Wafa Al-hasib
Date Deposited: 27 Nov 2023 07:26
Last Modified: 27 Nov 2023 07:26
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1308

Actions (login required)

View Item View Item