SOFIANA, MASRIFATUL ADE (2023) pengaruh model outdoor learning terhadap hasil belajar maharani kalam pada Bahasa Arab di SMP Islam Bustanul Hikmah Lamongan. Skripsi thesis, universitas darul 'ulum lamongan.
Text
SKRIPSI_ MASRIFATUL ADE SOFIANA ( 19052002 ).pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
abstrak_ MASRIFATUL ADE SOFIANA ( 19052002 ).pdf Download (494kB) |
Abstract
sofiana, ade, masrifatul, 2023, pengaruh model outdoor learning terhadap hasil belajar maharani kalam pada Bahasa Arab di SMP Islam Bustanul Hikmah Lamongan, Skripsi Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam, Universitas Islam Darul Ulum Lamongan, Pembimbing (1) Khoirotun Ni’mah, M.Pd.I, Pembimbing (2) sampiril Taurus tamaji, M.Pd.I Kata kunci : maharah kalam, outdoor learning Keterampilan berbicara merupakan kemampuan dasar dalam ilmu bahasa karena salah satu fungsi pembelajaran bahasa adalah agar dapat berkomunikasi dengan baik dan benar. Dalam bahasa Arab terdapat empat keterampilan bahasa yaitu mendengar, berbicara, menulis dan membaca. Dari keempat keterampilan tersebut, yang peneliti fokuskan dalam penelitian ini adalah keterampilan berbicara. Penelitian ini di latar belakangi oleh sulitnya peserta didik dalam menyampaikan suatu ujaran yang akan dikemukakan dan kurangnya kemampuan berbicara dalam bahasa Arab. Oleh karena itu, peneliti memberikan penerapan model outdoor learning untuk meningkatkan kemampuan berbicara dalam bahasa Arab. Dengan adanya penerapan model outdoor learning ini diharapkan mampu meningkatkan kemampuan berbicara dalam bahasa Arab peserta didik. Penelitian ini dilakukan di SMP Islam Bustanul Hikmah Dumpiagung Kembangbahu Lamongan. Adapun tujuannya adalah (1) mengetahui penerapan model outdoor learning terhadap peserta didik kelas VIII SMP Islam Bustanul Hikmah dan (2) mengetahui peningkatan kemampuan berbicara dalam bahasa Arab peserta didik kelas VIII SMP Islam Bustanul ل Hikmah Dumpiagung Kec. Kembangbahu Kab. Lamongan dengan penerapan outdoor learning. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian eksperimen, populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A & VIII B di smp islam bustanul hikmah dumpiagung sebanyak 50 orang yang terdiri dari 2 kelas. Dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan pretest dan posttest yang berfungsi untuk mengetahui nilai hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan Outdoor Learning. Hasil penelitian ini : 1. Nilai signifikansi Pre-Test kelas eksperimen menunjukkan angka 0.000 yang lebih tinggi dari nilai dasar pengambilan keputusan 0.05 sehungga data penelitian berdistribusi normal 2. Nilai signifikansi Post-Test kelas eksperimen menunjukkan angka 0.028 yang lebih tinggi dari nilai dasar pengambilan keputusan 0.05 sehungga data penelitian berdistribusi normal 3. Nilai signifikansi Pre-Test kelas kontrol menunjukkan angka 0.016 yang lebih tinggi dari nilai dasar pengambilan keputusan 0.05 sehungga data penelitian berdistribusi normal 4. Nilai signifikansi Post-Test kelas kontrol menunjukkan angka 0.005 yang lebih tinggi dari nilai dasar pengambilan keputusan 0.05 sehungga data penelitian berdistribusi normal. Berdasarkan tabel Paired Sampeles Test nilai signifikansi (2 tailed) 0 < 0.05 menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara variabel awal dengan variabel akhir. Ini menunjukkan terdapat pengaruh yang bermakna terhadap perbedaan perlakuan yang diberikan pada masing-masing variabel. Berdasarkan tabel Paired Sampeles Test nilai signifikansi (2 tailed) 0.000 < 0.05 menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara variabel awal dengan variabel akhir. Ini menunjukkan terdapat pengaruh yang bermakna terhadap perbedaan perlakuan yang diberikan pada masing-masing variabel.
Item Type: | Name Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | maharah kalam, outdoor learning |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Muhammad Haris |
Date Deposited: | 28 Nov 2023 14:43 |
Last Modified: | 28 Nov 2023 14:43 |
URI: | http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1456 |
Actions (login required)
View Item |