“Peningkatan Hasil Belajar Keterampilan Membaca Bahasa Arab Melalui Media Berbasis Kartun Bagi Siswa Kelas VII MTs. M 70 Takerharjo Solokuro Lamongan”

Setiawan, Budi (2021) “Peningkatan Hasil Belajar Keterampilan Membaca Bahasa Arab Melalui Media Berbasis Kartun Bagi Siswa Kelas VII MTs. M 70 Takerharjo Solokuro Lamongan”. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL 'ULUM LAMONGAN.

[img] Text
SKRIPSI Budi Setiawan 17052003.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
abstrak_ Budi Setiawan 17052003.pdf

Download (318kB)

Abstract

Setiawan, Budi, 0202 “Peningkatan Hasil Belajar Keterampilan Membaca Bahasa Arab Melalui Media Berbasis Kartun Bagi Siswa Kelas VII MTs. M 70 Takerharjo Solokuro Lamongan” Pendidikan Bahasa Arab, Unisda Lamongan, Pembimbing (2) Dr. H. Muh. Ufuqul Mubin, M.Pd.I (0) Khoirotun Ni’mah, M.Pd.I Kata Kunci: Katerampilan Membaca, Media Berbasis Kartun Dalam bahasa Arab terdapat empat keterampilan bahasa, yakni mendengar, berbicara, membaca dan menulis. Dari keempat kemahiran tersebut, peneliti fokuskan penelitian ini pada keterampilan membaca. Penelitian ini dilatar belakangi dengan kurangnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran katerampilan membaca. Oleh karena itu dengan diterapkannya media berbasis kartun, diharapkan siswa bisa lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran, dan dengan begitu, hasil belajar siswa juga akan meningkat. Penelitian ini bertujuan (2) untuk mengetahui penggunaan media teks cerita kartun dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Arab. (0) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VII MTsM 20 Takerharjo dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Arab dengan media berbasis kartun.. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, dokementasi, angket dan catatan lapangan. Analisis datanya menggunkan teknik analisis data kualitatif yang meliputi pengumpilan data, reduksi data, penyajian data dan penerikan kesimpulan. Penilitian ini dilakasanakan dengan dua siklus tindakan, setiap siklusnya terdiri dari empat tahap , yakni tahap perencanaan tindakan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pengamatan (observasi) dan tahap refleksi. Dari hasil penelitian ini, dapat diketahui bahwa (2) penerapan media berbasis kartun yang dilakukan di MTs Muhammadiyah 20 Takerharjo dinilai efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. (0) dan media berbasis teks cerita kartun mampu meningkatkan hasil belajar siswa dalam keterampilan membaca bahasa Arab siswa kelas VII MTs Muhammadiyah 20 Takerharjo.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Katerampilan Membaca, Media Berbasis Kartun
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muhammad Haris
Date Deposited: 29 Nov 2023 03:17
Last Modified: 29 Nov 2023 03:17
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1535

Actions (login required)

View Item View Item