“Efektivitas Penggunaan Strategi Mind Maping Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Arab Siswa kelas VIII MTsN 1 Lamongan.”

FADHILAH, HANIFAH NUR (2021) “Efektivitas Penggunaan Strategi Mind Maping Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Arab Siswa kelas VIII MTsN 1 Lamongan.”. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL 'ULUM LAMONGAN.

[img] Text
Skripsi Hanifah Nur Fadilah (17052009).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
abstrak_ Hanifah Nur Fadilah (17052009).pdf

Download (324kB)

Abstract

Nur, Hanifah Fadhilah, 2021. “Efektivitas Penggunaan Strategi Mind Maping Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Arab Siswa kelas VIII MTsN 1 Lamongan.” Pembimbing (I) M. Rizal Rizqi, M.Pd.I. (2) Ida Latifatul Umroh, M.Pd.I. Kata kunci : Mind Mapping, Keterampilan Menulis Bahasa Arab Strategi adalah suatu instrumen untuk mengapai tujuan pendidikan. Namun, pendidikan di zaman kini dapat dikatakan kurang memuaskan. Lebih lagi, dalam mata pelajaran bahasa. Dalam empat keterampilan berbahasa penelitian ini akan memfokuskan pada keterampilan menulis bahasa Arab dengan menggunakan strategi mind mapping. Oleh karena itu, dalam penelitian bertujuan untuk 1) Mengetahui penggunaan mind mapping untuk meningkatkan keterampilan bahasa Arab. 2) Mengetahui keefektivan strategi mind mapping untuk meningkatkan keterampilan bahasa Arab. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, bentuk pre-eksperimental tipe one group pretest-posttest Design. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi dan teks. Hasil penelitian ini menunjukkan siswa merespon dengan baik pencapaian skor 3. Sementara pretest, nilai rata-rata belajar siswa adalah 87,72 dengan kategori, sangat tinggi 11,11%, tinggi 33,33%, sedang, 16,71%, dan rendah 5,56%, sedangkan nilai rata-rata hasil posttest setelah menggunakan strategi mind mapping adalah 97,77 dengan kategori sangat tinggi 77,77%, tinggi 22,22%, sedang 0%, dan rendah 0%. Angka tersebut menunjukkan bahwa ada keefektivan penggunaan strategi mind mapping untuk meningkatkan kemampuan menulis bahasa Arab. Berdasarkan uraian diatas maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi mind mapping efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis bahasa Arab siswa kelas VIII MTsN 1 Lamongan.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mind Mapping, Keterampilan Menulis Bahasa Arab
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muhammad Haris
Date Deposited: 29 Nov 2023 03:40
Last Modified: 29 Nov 2023 03:40
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1548

Actions (login required)

View Item View Item