Penerapan Permainan Tebak Gaya Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Arab Siswa Kelas VIII Mts Tanwirul Qulub Sungelebak Karanggeneng Lamongan

Icha, Aslihatul Afnia, (2021) Penerapan Permainan Tebak Gaya Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Arab Siswa Kelas VIII Mts Tanwirul Qulub Sungelebak Karanggeneng Lamongan. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL 'ULUM LAMONGAN.

[img] Text
SKRIPSI ICHA ASLIHATUL AFNIA(17052007).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
abstrak_ ICHA ASLIHATUL AFNIA(17052007).pdf

Download (166kB)

Abstract

Abstrak Aslihatul Afnia, Icha, 2021, “Penerapan Permainan Tebak Gaya Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Arab Siswa Kelas VIII Mts Tanwirul Qulub Sungelebak Karanggeneng Lamongan ” Skripsi Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Agama Islam, Universitas Darul Ulum Lamongan, Pembimbing (1) Drs. KH. Khotib Sholeh, M.Ag, Pembimbing (2) Khoirotun Ni’mah, M.Pd.I. Kata Kunci : Keterampilan Menulis, Permainan Tebak Gaya. Keterampilan Menulis merupakan keterampilan tertinggi dari empat keterampilan berbahasa. Menulis merupakan kegiatan yang mempunyai hubungan dengan proses berpikir serta keterampilan ekspresi dalam bentuk tertulis. Ada dua aspek dalam kegiatan menulis yaitu kemahiran dalam membentuk huruf dan menguasai ejaan dan kemahiran melahirkan pikiran dan perasaan dalam bentuk tulisan berbahasa Arab. Penelitian ini di latar belakangi dengan kurangnya pengetahuan siswa terhadap keterampilan menulis bahasa Arab. Oleh karena itu peneliti memberikan penerapan permainan tebak gaya dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan keterampilan menulis serta semangat dan motivasi belajar peserta didik. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui penerapan permainan tebak gaya dalam meningkatkan keterampilan menulis bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Tanwirul Qulub Sungelebak Karanggeneng Lamongan (2) Mengetahui peningkatan keterampilan menulis bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Tanwirul Qulub Sungelebak Karanggeneng Lamongan dengan menggunakan permainan tebak gaya. Dalam penelitian skripsi ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode pre-experimental design tipe one group pretestposttest. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi, tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan analisis data statistik deskriptif dan analisis data statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum diberikan perlakuan terdapat 11 siswa yang tuntas (39,28%) dan 1 7 siswa yang tidak tuntas (60,71%) dengan skor nilai rata-rata 70,36 yang tergolong rendah. Adapun setelah diberikan penerapan permainan tebak gaya terdapat 26 siswa yang tuntas (92,86%) dan 2 siswa yang tidak tuntas (7,14%) dengan skor nilai rata -rata 88,57 yang tergolong tinggi. Dari hasil data yang diperoleh secara keseluruhan dapat diketahui nilai rata -rata dari pretest dan posttest mengalami peningkatan. Maka dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan permainan tebak gaya secara signifikan dapat meningkatkan keterampilan menulis bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Tanwirul Qulub Sungelebak Karanggeneng Lamongan.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis, Permainan Tebak Gaya.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muhammad Haris
Date Deposited: 29 Nov 2023 03:47
Last Modified: 29 Nov 2023 03:47
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1554

Actions (login required)

View Item View Item