PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING QUIZ TEAM DALAM MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS VII DI MTS MA’ARIF NU NGUWOK MODO LAMONGAN

SHOLIHA, SITI MUDAWAMATUS (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING QUIZ TEAM DALAM MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS VII DI MTS MA’ARIF NU NGUWOK MODO LAMONGAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL ULUM LAMONGAN.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK_18051047_SITI MUDAWAMATUS SHOLIHA.pdf

Download (463kB)
[img] Text
18051047_SITI MUDAWAMATUS SHOLIHA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci : Active Learning Quiz Team, Hasil belajar Model Pembelajaran Active Learning Quiz Team. merupakan suatu model pembelajaran yang bermaksud untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam proses belajar. Dalam tipe ini siswa dibentuk dalam kelompok-kelompok kecil dengan masing-masing anggota kelompok mempunyai tanggung jawab yang sama atas keberhasilan kelompoknya dalam memahami materi dan menjawab soal. Adapun tujuan dari Penelitian ini adalah (1) mengetahui proses pembelajaran Active Learning Quiz Team pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas VII MTs Ma’arif NU Nguwok,(2) mengetahui hasil belajar siswa pada saat menggunakan model pembelajaran Active Learning Quiz Team pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas VII MTs Ma’arif NU Nguwok. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen. Instrument yang digunakan adalah tes (Pre-Test dan Pos-Test), kuisioner dan dokumenasi. Populasi penelitian adalah kelas VII MTs Ma’arif NU Nguwok dengan jumlah 134 siswa.sampel penelitian adalah kelas VII F MTs Ma’arif NU Nguwok dengan jumlah 14 siswa. Analisis data penelitian ini menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis data diketahui setelah model pembelajaran Active Learning Quiz Team mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari data hasil Pre-Test dan pos- test diperoleh nilai 13,4 ≥ 12,9, dan hasil perhitungan uji t angket terdapat nilai 15≥ 12,9 dari kedua uji t tersebut membuktikan bahwa thitung lebih besar dari ttabel, maka hipotesis yang diajukan oleh peneliti ini diterima. Hal tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Active Learning Quiz Team dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kelas VII MTs Ma’arif NU Nguwok.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hildha Fadzillah Rachma
Date Deposited: 29 Nov 2023 04:11
Last Modified: 29 Nov 2023 04:11
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1566

Actions (login required)

View Item View Item