PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER ISLAMI MELALUI LITERASI DAN AKTIVITAS INTERAKTIF SISWA OTOMATISASI TATA KELOLA PERKANTORAN (OTKP) DI SMK NU 1 SUKODADI

ROHMAWATI, SANTI (2022) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER ISLAMI MELALUI LITERASI DAN AKTIVITAS INTERAKTIF SISWA OTOMATISASI TATA KELOLA PERKANTORAN (OTKP) DI SMK NU 1 SUKODADI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL ULUM LAMONGAN.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK_18051051_SANTI ROHMAWATI.pdf

Download (114kB)
[img] Text
18051051_SANTI ROHMAWATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kata Kunci: Peran guru PAI, Karakter Islami, Literasi. Para guru khususnya guru Pendidikan Agama Islam memiliki peran dalam membentuk karakter Islami siswa. Pada masa sekarang, banyak siswa yang memiliki karakter kurang baik. Dalam hal ini terdapat kegiatan literasi dalam meningakatkan karakter Islami siswa. Gerakan literasi dalam sekolaha saat ini adalah upaya pemerintah dalam menumbuhkan budi pekerti peserta didik sebagai acuan untuk memiliki budaya akhlak atau moral yang baik menurut kriteria agama terutama agama Islam. sehingga literasi disini sebagai kegiatan yang bertujuan untuk menanamkan budi pekerti peserta didik. Dari hal inilah diperlukan peran dan upaya yang harus dilakukan oleh guru PAI untuk mengatasi kesulitan yang dialami oleh siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui bagaimana peran guru PAI dalam mengembangkan karakter Islami melalui literasi dan aktivitas interaktif siswa OTKP di SMK NU 1 Sukodadi. (2) untuk mengetahui faktor penghambat penerapan literasi dan aktivitas interaktif siswa Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP) di SMK NU 1 Sukodadi. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif maka sumber dan jenis data dalam penelitian adalah data primer dan data sekunder. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini, dapat diketahui bahwa (1) Peran guru PAI sebagai teladan dalam mengembangan karakter Islami siswa OTKP di SMK NU 1 Sukodadi adalah bahwa dalam program literasi di sekolah guru seharusnya menjadi teladan bagi siswanya, dalam ucapan, kepribadian, perilkau guru maupun dalam hal membaca. Peran guru PAI sebagai mediator dan fasilitator dalam mengembangan karakter Islami siswa OTKP di SMK NU 1 Sukodadi adalah menyediakan fasilitas yang memadai, menyediakan literatur yang relevan, menciptakan kondisi sosial emosional yang bermnafaat dalam proses pembelajaran. Peran guru PAI sebagai penasehat dalam mengembangan karakter Islami siswa OTKP di SMK NU 1 Sukodadi adalah guru memberikan arahan, motivasi, nasihat atau teguran kepada siswa (2) faktor penghambat penerapan literasi yaitu dari faktor internal dan eksternal yaitu dari siswa itu sendiri seperti, siswa yang kurang disiplin, bahkan ada yang merasa mengantuk ketika kegiatan literasi berlangsung, siswa yang tidak membawa al-qur’an dan mukenah, dan minimnya minat baca siswa. Keluarga sendiri yang belum mengarahkan dan mendidik anaknya secara menyeluruh, memiliki sikap acu tak acu.Kurangnya kekompakan para guru dengan masyarakat.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hildha Fadzillah Rachma
Date Deposited: 29 Nov 2023 04:22
Last Modified: 29 Nov 2023 04:22
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1572

Actions (login required)

View Item View Item