EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING TERHADAP TINGKAT KESIAPAN BELAJAR MAHASISWA PAI ERA PANDEMI 2020-2021 DI UNIVERSITAS ISLAM DARUL ULUM LAMONGAN

HADI, ILHAM (2022) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING TERHADAP TINGKAT KESIAPAN BELAJAR MAHASISWA PAI ERA PANDEMI 2020-2021 DI UNIVERSITAS ISLAM DARUL ULUM LAMONGAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL ULUM LAMONGAN.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK_18051062_ILHAM HADI.pdf

Download (134kB)
[img] Text
18051062_ILHAM HADI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Peneliti memilih judul ini karena mahasiswa PAI terlihat kurang siap dalam mengikuti pembelajaran yang diterapkan secara daring dengan kurang aktifnya mahasiswa mengikuti pembelajaran. Hal ini dilihat dari kurang aktifnya mahasiswa dalam bertanya dan menanggapi materi yang telah disampaikan. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran daring pada mahasiswa PAI, tingkat kesiapan belajar mahasiswa dan pengaruh efektivitas pembelajaran daring terhadap tingkat kesiapan belajar mahasiswa PAI era pandemi 2020-2021 di UNISDA Lamongan. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, populasi penelitian ini adalah mahasiswa PAI era pandemi 2020-2021. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Sedangkan teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen angket atau kuasioner. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Hasil penelitian ini, untuk efektivitas pembelajaran daring pada mahasiswa PAI dari 111 responden sebagian besar menilai sedang (69%), yang menilai kurang efektif (28%) dan yang menilai efektif (3 persen). Sedangkan tingkat kesiapan belajar mahasiswa PAI sebesar (69 persen) dengan interpretasi Cukup Baik. Sedangkan pengaruh efektivitas pembelajaran daring terhadap tingkat kesiapan belajar mahasiswa PAI, karena nilai thitung 2,820 > ttabel 1,981, tersebut tidak terdapat tanda negatif (-) di depan angka, hal ini berarti bahwa terdapat hubungan yang positif, antara variabel pembelajaran daring dengan kesiapan belajar mahasiswa PAI dengan besarnya pengaruh pembelajaran daring terhadap kesiapan belajar mahasiswa PAI sebesar 6,8%.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hildha Fadzillah Rachma
Date Deposited: 29 Nov 2023 05:13
Last Modified: 29 Nov 2023 05:13
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1583

Actions (login required)

View Item View Item