PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, AND SATISFACTION) DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATA PELAJARAN PAI DI KELAS VIII SMPN 1 WIDANG KABUPATEN TUBAN JAWA TIMUR

APRILIA, DIYAH (2022) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESSMENT, AND SATISFACTION) DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATA PELAJARAN PAI DI KELAS VIII SMPN 1 WIDANG KABUPATEN TUBAN JAWA TIMUR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL ULUM LAMONGAN.

[img] Text
ABSTRAK_18051049_DIYAH APRILIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB) | Request a copy
[img] Text
18051049_DIYAH APRILIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI di kelas VIII SMPN 1 Widang. Hal ini disebabkan karena pembelajaran PAI membosankan, sehingga nilai siswa rendah dan berpengaruh terhadap minat belajar. Oleh karena itu peneliti menggunakan model pembelajaran ARIAS. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) penggunaan model pembelajaran ARIAS. (2) Minat belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran ARIAS pada mata pelajaran PAI. (3) Peningkatan minat belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran ARIAS pada mata pelajaran PAI. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimental. Desain eksperimen penelitian ini yaitu pra-eksperimen one group pre-test post-test. Instrumen penelitian yang digunakan adalah panduan observasi, tes, dan angket. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII D SMPN 1 Widang yang berjumlah 23 siswa. Menggunakan teknik pengumpulan data field research dan teknik analisis data uji t. Hasil penelitian dapat diketahui (1) pennggunaan model pembelajaran ARIAS diawali guru menjelaskan materi, aktualisasi diri, evaluasi, pemberian penghargaan. (2) Tingkat minat belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran ARIAS pada mata pelajaran PAI sangat rendah dilihat dari hasil pre- test, observasi dan angket.(3) Tingkat minat belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran ARIAS pada mata pelajaran PAI di kelas VIII D SMP N 1 Widang mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan hasil analisis data pada uji t dengan taraf signifikansi 0,01 diperoleh nilai ttabel 21,9. Pada uji t pre-test post-tes diperoleh thitung 23,8 dan pada angket minat belajar siswa diperoleh 22,6. Dapat diketahui bahwa dari kedua hasil analisis uji t menghasilkan nilai thitung ≥ ttabel.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hildha Fadzillah Rachma
Date Deposited: 29 Nov 2023 05:35
Last Modified: 29 Nov 2023 05:35
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1589

Actions (login required)

View Item View Item