KARISMA, ADHA SHAYIDI NUR (2022) Tantangan Guru Pai Dalam Menghadapi Perubahan Globalisasi Teknologi Era Society Revolusi Industri 5.0 Di Sma Sunan Drajat Sugio Lamongan. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL ULUM LAMONGAN.
Text (Abstrak)
ABSTRAK_18051010_ADHA SHAYIDI NUR KARISMA.pdf Download (160kB) |
|
Text
18051010_ADHA SHAYIDI NUR KARISMA.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah bahwa guru PAI harus dapat beradaptasi dengan perkembangan zaman yang terjadi secara global terutama pada era revolusi industri society 5.0 yang akan datang. Beragam problematika telah berdatangan mulai dari generasi ke generasi hingga pada generasi millennial saat ini, terjadinya disrupsi teknologi secara global seiring datangnya sebuah konsep baru yaitu revolusi industri society 5.0. Perlu adanya pengembangan yang menjadikan sebuah tantangan tersendiri bagi guru PAI dalam menghadapinya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Kualitatif, dengan teknik alasisis data deskriptif kualitatif Sumber data penelitian terdapat dua bagian antara lain: Sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data dengan cara metode wawancara, observasi dan dokumentasi guna menunjang kelengkapan informasi yang dibutuhkan dalam penelitian ini, sehingga dapat mendeskripsikan tantangan guru PAI dalam menghadapi perubahan globalisasi teknologi era society revolusi industri 5.0 di SMA sunan drajat sugio lamongan. Tujuan penulisan penelitian ini diantaranya: 1) Untuk mengetahui apa saja tantangan di era globalisasi Society 5.0 bagi guru PAI di SMA Sunan Drajat Sugio Lamongan. 2) Untuk mengetahui bagaimana upaya guru PAI menghadapi tantangan perubahan globalisasi 5.0 di SMA Sunan Drajat Sugio Lamongan hasil dari penelitian ini diantaranya guru harus dituntut untuk melek digital dimana guru harus meningkatkan pemahaman dan pengetahuannya dalam teknologi agar bisa mengimplementasikan pengetahuan tersebut dalam proses mengajar, guru juga harus mampu menginovasi metode mengajarnya sesuai dengan perkembangan yang ada. Selain dari guru tantang lainnya datang dari murid, yaitu moral siswa akibat adanya perubahan globalisasi teknologi tersebut, serta sosial murid terhadap lingkungannya, tidak hanya pada antar murid namun juga muncul sikap kurang peduli pada tanggung jawabnya sebagai pelajar. Upaya yang dilakukan yaitu 1.) Meningkatkan kompetensi kemampuan dan pengetahuan guru terhadap teknologi. 2) menginovasi metode mengajarnya. 3) membimbing, mengarahkan serta mendampingi peserta didik
Item Type: | Name Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Hildha Fadzillah Rachma |
Date Deposited: | 29 Nov 2023 05:52 |
Last Modified: | 29 Nov 2023 05:52 |
URI: | http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1595 |
Actions (login required)
View Item |