ASNA, USWATUL (2022) PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI KEGIATAN MENTORING DI MADRASAH ALIYAH MA’ARIF 19 HASYIM ASY’ARI KEDUNG MEGARIH KECAMATAN KEMBANGBAHU KABUPATEN LAMONGAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL ULUM LAMONGAN.
Text (Abstrak)
ABSTRAK_18051057_USWATUL ASNA.pdf Download (230kB) |
|
Text
18051057_USWATUL ASNA.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya proses pendidikan di sekolah yang lebih mengutamakan aspek kognitifnya dari pada afektif dan psikomotoriknya. Kebanyakan sekolah berlomba-lomba meraih prestasi akademik seperti ulangan tertinggi dan prestasi akademik lainnya, namun kurang memperhatikan karakter anak didiknya, terutama karakter religius. Sehingga diperlukan pendidikan pembentukan karakter religius. Pembentukan karakter religius adalah hasil dari usaha mendidik dan melatih dengan sungguh-sungguh terhadap berbagai potensi rohaniah yang terdapat dalam diri manusia agar menjadi manusia yang beradab, bertaqwa kepada Tuhan serta mempunyai rasa toleransi terhadap sesama manusia. Salah satu yang digunakan pendidik dalam pembentukan karakter religius adalah kegiatan mentoring. Adapun tujuan penulisan ini adalah: (1) Untuk menjelaskan pelaksanaan Pembentukan Karakter Religius Melalui Kegiatan Mentoring di MA Ma’arif 19 Hasyim Asy’ari Kedung Megarih Kembangbahu (2) Mendeskripsikan karakter religius peserta didik di MA Ma’arif 19 Hasyim Asy’ari Kedung Megarih Kembangbahu, setelah mengikuti kegiatan mentoring. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini, dapat diketahui bahwa kondisi kegiatan mentoring di MA Ma’arif 19 Hasyim Asy’ari Kedung Megarih berjalan dengan baik. Hal ini dapat terlihat pada perencanaan yang baik, materi yang disajikan berkaitan dengan nilai-nilai islami yang terdapat dalam kitab Ta’lim Muta’allim dan Nashoihul Ibad, para mentor yang berkompeten. Proses pembentukan karakter religius melalui kegiatan mentoring dilaksanakan menggunakan metode pembiasaan, metode keteladanan, metode cerita dan motivasi. Dengan itu peserta didik dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah, terbentuknya akhlaqul karimah, bertambahnya pengetahuan peserta didik mengenai agama Islam.
Item Type: | Name Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Hildha Fadzillah Rachma |
Date Deposited: | 29 Nov 2023 06:11 |
Last Modified: | 29 Nov 2023 06:11 |
URI: | http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1600 |
Actions (login required)
View Item |