MANAJEMEN MUTU PEMBELAJARAN DARING PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP TECHNO INSAN KAMIL TUBAN

Muksin, Muksin (2021) MANAJEMEN MUTU PEMBELAJARAN DARING PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP TECHNO INSAN KAMIL TUBAN. Magister thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL 'ULUM LAMONGAN.

[img] Text
abstrak_TESIS MUKSIN 19062102242-.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB) | Request a copy
[img] Text
TESIS MUKSIN 19062102242-.pdf

Download (3MB)

Abstract

Muksin, NIM 19062102242, Manajemen Mutu Pembelajaran Daring Pendidikan Agama Islam di SMP Techno Insan Kamil Tuban, tesis, Lamongan: Program Pascasarjana Universitas Islam Darul Ulum Lamongan, Program Studi Pendidikan Agama Islam. Pembimbing: (1) Dr. H. Amir Maliki Abitolhah, M.Ag (2) Dr. H. Khotib Sholeh, M.Ag. Penelitian ini berlatar belakang dari keinginan peneliti untuk mengetahui manajemen mutu pembelajaran daring PAI di SMP Techno Insan Kamil Tuban yang merupakan salah satu sekolah yang menerapkan Managemen Mutu, oleh karena itu penting adanya sebuah penelitian lebih lanjut berkenaan dengan Managemen Mutu sebagai upaya untuk peningkatan kualitas pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, menjelaskan dan mengetahui manajemen mutu perencanaan pembelajaran daring, manajemen mutu pelaksanaan pembelajaran daring, manajemen mutu evaluasi pembelajaran daring, serta manajemen mutu tindak lanjut evaluasi pembelajaran Daring di SMP Techno Insan Kamil. Teknik yang digunakan sebagai alat pengumpul data dalam penelitian ini adalah teknik interview, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan terhadap Guru Pendidikan Agama I slam (PAI ) dan Kepala Sekolah di SMP Techno Insan Kamil Tuban. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik reduksi data, display data dan menarik kesimpulan. Untuk uji keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Manajemen Mutu Perencanaan Pembelajaran Daring di SMP Techno Insan Kamil Tuban telah berjalan dengan baik yaitu melakukan penyusunan perencanaan, pengorganisasian, pengolahan waktu, pemilihan media dan metode yang dituangkan dalam RPP dan Silabus. Kemudian Manajemen Mutu Pelaksanaan Pembelajaran Daring di SMP Techno Insan Kamil Tuban telah dilaksanakan dengan baik pula, dimana guru melakukan kegiatan pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Selanjutnya Manajemen Mutu Evaluasi Pembelajaran Daring di SMP Techno Insan Kamil Tuban telah diterapkan secara efektif yaitu guru melakukan perencanaan evaluasi berdasarkan pada Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar, dalam penilaian dilaksanakan dengan tersusun dan berdasarkan pada indikator penilaian dan adanya tindak lanjut berupa Remidial dan Pengayaan pada siswa. Serta Manajemen Mutu Pengawasan Pembelajaran Daring juga telah dilaksanakan dengan baik di SMP Techno Insan Kamil Tuban yaitu pengawasan pelaksanaan pembelajaran dilakukan oleh kepala sekolah secara langsung

Item Type: Name Thesis (Magister)
Uncontrolled Keywords: Management, Quality Management, Online Learning.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Pascasarjana > Magister Pend. Agama Islam
Depositing User: Muhammad Haris
Date Deposited: 29 Nov 2023 06:30
Last Modified: 29 Nov 2023 06:30
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1604

Actions (login required)

View Item View Item