Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Pendidikan Agama Islam (PAI) Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMP Khairunnas Tuban

Dinul, Haqqi Al Arfi, (2021) Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Pendidikan Agama Islam (PAI) Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMP Khairunnas Tuban. Magister thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL 'ULUM LAMONGAN.

[img] Text
abstrak_TESIS_DINUL HAQQI AL ARIF_(19062102238).pdf

Download (107kB)
[img] Text
TESIS_DINUL HAQQI AL ARIF_(19062102238).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Haqqi Al Arfi, Dinul. 2021. Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Pendidikan Agama Islam (PAI) Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMP Khairunnas Tuban. Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam (MPAI), Pascasarjana Universitas Islam Darul Ulum Lamongan. Pembimbing Tesis: (I) Dr. H. Muhammad Ufuqul Mubin, M.Ag.dan (II) Dr. H. Amir, M.Ag. Kata Kunci: Pandemi Covid-19, Pendidikan Agama Islam dan Pembelajaran Jarak Jauh. SMP Khairunnas Tuban adalah salah satu lembaga pendidikan kejuruan yang selama masa pandemi Covid-19 yang telah menerapkan konsep Pembelajaran Jarak Jauh Pendidikan Agama Islam. Peneliti sengaja mengambil tempat penelitian di SMP Khairunnas Tuban karena tertarik dengan Sistem Kurikulum Pesantren Al-Muttaqin yang yang menitikberatkan Pendidikan Agama Islam, dengan dintegrasikan dengan Kurikulum sekolah kejuruan yang menitikberatkan Keterampilan dan keahlian. Penelitian ini bertujuan untuk memahami: 1) Proses Penerapan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Khairunnas Tuban pada masa pandemi covid-19., 2) Problematika Penerapan Pembelajaran Jarak Jauh PAI di SMP Khairunnas Tuban pada masa pandemi covid-19, dan 3) Solusi Problematika Penerapan Pembelajaran Jarak Jauh PAI di SMP Khairunnas Tuban pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan model analisis interaktif yang terdiri dari data collection, data reduction, data display, dan conclusion. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber data, triangulasi teknik pengumpulan data, dan pengecekan anggota. Penggunaan media pembelajaran yang tepat akan membuat belajar menjadi menyenangkan dan efektif. SMP Khairunnas Tuban merupakan lembaga sekolah yang memberlakukan sistem daring dan luring dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Pendidikan Agama Islam (PAI) pada masa pandemi Covid-19. Dan Secara umum, VII Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Pendidikan Agama Islam (PAI) berjalan dengan maksimal dan serta dapat menjadi pengganti KBM tatap muka, dengan guru memberikan materi dan penugasan melalui WhatsApp, YouTube, Zoom, Video Offline, Google Form, dll. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Pendidikan Agama Islam (PAI) dilaksanakan sebagai alternatif pembelajaran pada masa pandemi covid-19 dengan tetap menyesuaikan dengan situasi dan kondisi lingkungan sekolah serta orang tua. Kedua, terdapat Problem atau kendala yang mempengaruhi penerapan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Pendidikan Agama Islam (PAI). Ketiga, solusi dari problematika Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Pendidikan Agama Islam (PAI) adalah perubahan orientasi yaitu bagaimana agar siswa tetap belajar di tengah pandemic covid-19 dengan tanpa ada tuntutan menyelesaikan kurikulum sekolah.

Item Type: Name Thesis (Magister)
Uncontrolled Keywords: Pandemi Covid-19, Pendidikan Agama Islam dan Pembelajaran Jarak Jauh.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Haris
Date Deposited: 29 Nov 2023 06:41
Last Modified: 29 Nov 2023 06:41
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1607

Actions (login required)

View Item View Item