STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN NILAI RELIGIUS UNTUK MEMBENTUK KEPEKAAN JIWA SOSIAL SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 21 LAREN

Eliza, Natasa Temy (2022) STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN NILAI RELIGIUS UNTUK MEMBENTUK KEPEKAAN JIWA SOSIAL SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH 21 LAREN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL ULUM LAMONGAN.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK_18051058_Natasa Temy Eliza.pdf

Download (420kB)
[img] Text
18051058_Natasa Temy Eliza.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pendidikan agama islam saat ini harus juga memperhatikan problematika perkembangan zaman yang ada di dunia ini, antara lain sangat perlunya penanaman nilai religius dalam diri siswa yang nantinya dapat berdampak pada jiwa sosial siswa dikarenakan di era sekarang jiwa sosial khususnya pada siswa sudah sangat menurun. Oleh karena itu penulis akan menuliskan tentang strategi guru dalam menanamkan nilai religius untuk membentuk kepekaan jiwa sosial siswa. Tujuan penulisan ini yaitu: (1) untuk mendeskripsikan bagaimana strategi guru dalam menanamkan nilai religius guru dalam membentuk kepekaan jiwa sosial siswa di smp muhammadiyah 21 laren. (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat siswa dalam membentuk kepekaan jiwa sosial siswa di smp muhammadiyah 21 laren. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Sumber data dan teknik pengumpulan data dengan cara metode wawancara, observasi, dan dokumentasi yaitu mencari berbagai data yang memiliki kandungan keterkaitan dengan masalah. Data yang terkumpul kemudian dianalisis melalui: 1). Reduksi data, 2). Penyajian data dan 3). Penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah: Pertama, Penanaman nilai religius dalam mebentuk kepekaan jiwa sosial siswa adalah dengan penekanan dalam pembiasaan pembiasaan, penanaman keteladanan, memberi nasehat ataupun motivasi, dan mengagendakan kegiatan-kegiatan sosial. Kedua, faktor pendukung: guru yang professional, fasilitas sekolah yang memadahi, terjalinnya komunikasi yang baik antar wali siswa dengan guru. Hal tersebut bisa menunjang penanaman nilai yang dilakukan guna pembentukan jiwa sosial siswa. Sedangkan faktor penghambatnya sendiri antara lain : keterbatasan waktu, perbedaan individu, dan bisa dari gurunya itu sendiri.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hildha Fadzillah Rachma
Date Deposited: 29 Nov 2023 06:49
Last Modified: 29 Nov 2023 06:49
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1613

Actions (login required)

View Item View Item