Strategi Guru PAI, pemahaman siswa, SKI, pandemi covid-19 Hadi Irhamni, Stretegi Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan pemehaman siswa pada mata pelajaran SKI masa pandemi covid-19 di MAN 1 Tuban Tahun Pelajaran 2020/2021

Irhamni, Hadi (2021) Strategi Guru PAI, pemahaman siswa, SKI, pandemi covid-19 Hadi Irhamni, Stretegi Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan pemehaman siswa pada mata pelajaran SKI masa pandemi covid-19 di MAN 1 Tuban Tahun Pelajaran 2020/2021. Magister thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL 'ULUM LAMONGAN.

[img] Text
abstrak_Hadi Irhamni (19062102237).pdf

Download (127kB)
[img] Text
Hadi Irhamni (19062102237).pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Kata kunci : Strategi Guru PAI, pemahaman siswa, SKI, pandemi covid-19 Hadi Irhamni, Stretegi Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan pemehaman siswa pada mata pelajaran SKI masa pandemi covid-19 di MAN 1 Tuban Tahun Pelajaran 2020/2021, Tesis, 2021. Pembimbing : Dr. Muhid, M. Ag dan Dr. Sauqi Futtaqi, M. Pd. I Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya Pandemi Covid-19 yang memberikan dampak disetiap bidang kehidupan masyarakat Indonesia, termasuk di dunia pedidikan. Guru disemua jenjang pendidikan dituntut untuk melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Guru SKI MAN 1 Tuban sebagai informan penelitian ternyata memliki keunggulan dalam PJJ mereka mampu untuk terus bekerja dengan mengoptimalkan semua potensi yang ada melalui media IT. Fokus penelitian dalam penulisan tesis ini adalah (1)Bagaimana Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan pemahaman siswa pada Mata Pelajaran SKI masa pandemi Covid – 19 di MAN 1 Tuban ?(2)Bagaimana faktor pendukung? (3)Bagaimana faktor penghambat? (4) Bagaimana hasil pembelajaran siswa pada mata pelajaran SKI masa pandemi Covid-19 di MAN 1 Tuban? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui Strategi Guru PAI dalam meningkatkan pemahaman siswa pada Mata Pelajaran SKI masa pandemi Covid – 19 di MAN 1 Tuban (2) untuk mengetahui faktor pendukung (3) untuk mengetahui faktor penghambat (4) untuk mengetahui hasil pembelajaran siswa pada mata pelajaran SKI masa pandemi Co vid-19 di MAN 1 Tuban Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif lokasi penelitiannya di MAN 1 Tuban, sumber datanya dari guru SKI MAN 1 Tuban dan dokumentasi. Metode pengumpulan datanya menggunakan google form, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis datanya menggunakan teknik analisis deskriptif yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) Strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran SKI masa pandemi covid -19 di MAN 1 Tuban adalah menerapkan pembelajaran jarak jauh melalui metode blanded learning.(2) Faktor pendukung antara lain dengan memanfaatkan IT, menggunakan WA, google classroom, e-learning, google form, dan email. (3) Faktor penghambat ada 3 hal, pertama terkait jaringan internet. Yang ke dua, faktor siswa, yang kurang mampu ekonomi dan IT. Yang ke tiga dari faktor guru. Guru lebih sibuk karena PJJ. (4) Pembelajaran di masa pandemi covid-19 dengan strategi pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan IT, pemahaman siswa pada mata pelajaran SKI sebagian besar meningkat.

Item Type: Name Thesis (Magister)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Pascasarjana > Magister Pend. Agama Islam
Depositing User: Muhammad Haris
Date Deposited: 29 Nov 2023 06:54
Last Modified: 29 Nov 2023 06:54
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1617

Actions (login required)

View Item View Item