PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAPEL FIQIH KELAS XI MAN 2 LAMONGAN

Firmansyah, Ahmad Riza (2022) PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAPEL FIQIH KELAS XI MAN 2 LAMONGAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL ULUM LAMONGAN.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK_18051053_Ahmad Riza Firmansyah.pdf

Download (190kB)
[img] Text
18051053_Ahmad Riza Firmansyah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Lingkungan keluarga sangat penting untuk perkembangan anak. Dimana orang tua harus memperhatikan segala kebutuhan anak. Orang tua harus memberikan nafkah yang cukup dan adanya interaksi yang baik. Maka faktor status sosial ekonomi orang tua juga mendukung prestasi belajar siswa. Karena jika status sosial ekonomi orang tua tinggi ataupun sedang maka akan bisa memenuhi berbagai fasilitas belajar yang diperlukan anak. Dengan fasilitas belajar yang bisa terpenuhi maka anak/siswa dapat melakukan kegiatan belajar dengan baik yang pada akhirnya akan memberikan dampak positif bagi prestasi belajar yang diraihnya. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam pembahasan skripsi ini adalah: (1) Untuk mengetahui status sosial ekonomi orang tua siswa kelas XI MAN 2 Lamongan, (2) Untuk mengetahui prestasi belajar Aqidah Akhlak siswa kelas XI MAN 2 Lamongan, (3) Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar akidah akhlas siswa di kelas XI MAN 2 Lamongan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat regresi. Teknik analisis datanya menggunakan rumus statistika regresi linier sederhana dengan perhitungan SPSS. Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket (kuesioner) dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel pada penelitian inimenggunakan teknik sampling jenuh. Dalam penelitian ini populasi sebesar 250 siswa. Dan ukuran sampel yang diambil 10% dari jumlah populasi, yaitu 27 siswa. Dari hasil penelitian sederhana ini bisa ditarik kesimpulan sebagai berikut: (1) Status sosial ekonomi orang tua siswa kelas XI MAN 2 Lamongan adalah sedang artinya berkecukupan dan mampu memadai sarana bagi siswa untuk belajar dengan nyaman sehingga bisa membuar siswa berprestasi. (2) Nilai belajar fiqih siswa kelas XI MAN 2 Lamongan adalah sedang, artinya nilai belajar siswa kelas XI MAN 2 Lamongan meningkat. (3) Ada pengaruh yang signifikan antara status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar fiqih siswa kelas XI MAN 2 Lamongan. Hal ini ditunjukkan pada penelitian ini dengan presentase sebesar 25,8%, artinya semakin baik status sosial ekonomi orang tua maka prestasi siswa juga akan meningkat.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hildha Fadzillah Rachma
Date Deposited: 29 Nov 2023 06:56
Last Modified: 29 Nov 2023 06:56
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1620

Actions (login required)

View Item View Item