ANALISIS STRATEGI BAURAN PEMASARANPADAUMKM TINA JAYA DALAMMENINGKATKANVOLUME PENJUALAN

Sari, Falinda Eka Wulan (2023) ANALISIS STRATEGI BAURAN PEMASARANPADAUMKM TINA JAYA DALAMMENINGKATKANVOLUME PENJUALAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Darul Ulum Lamongan.

[img] Text
Abstrak_19042093_Falinda Eka Wulan Sari.pdf

Download (149kB)
[img] Text
19042093_Falinda Eka Wulan Sari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi bauranpemasaran pada UMKM Tina Jaya dalam meningkatkan volume penjualan. Jenispenelitian ini adalah deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif dengansubjekpenelitian Produk UMKM Tina Jaya. Teknik pengumpulan menggunakanwawancara, observasi, dokumentasi dan trigulasi. Teknik analisis yangdigunakan analisis SWOT. Hasil penelitian ini, berdasarkan hasil analisis padamatriks internal strategic factors analysis summary (IFAS) skor kekuatan2.00dan kelemahan 1.00, faktor kekuatan terbesar terletak pada kualitas produkyangbaik dan teruji halal dan memberikan diskon kepada para pelanggan denganskor0.48. Faktor kelemahan terbesar terdapat pada variasi produk yang masihsedikit dan desain produk yang kurang menarik dengan skor 0.24. Sedangkanhasil analisis matriks eksternal strategic factors analysis summary (EFAS) skorpeluang 1.68 dan skor ancaman 1.16, faktor peluang terbesar terdapat padakolaborasi dengan toko atau pusat perbelanjaan lainnya dengan skor 0.48. Faktorancaman terbesar tedapat pada munculnya kompetitor baru dengan skor 0.36. Berdasarkan hasil diagram SWOT UMKM Tina Jaya berada pada kuadranI yangmenunjukan bahwa UMKM Tina Jaya berada pada situasi menguntungkandengan kekuatan dan peluang yang dimiliki sehingga dapat memanfaatkanpeluang yang ada. Strategi yang harus diterapkan dalamkondisi ini adalahmendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif. Berdasarkan penelitian, strategi yang dijalankan UMKM Tina Jaya saat ini belum sepenuhnya efektif. Sehingga, UMKM Tina Jaya harus memperhatikan beberapa faktor internal dan eksternal.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi bauran pemasaran, Volume Penjualan, SWOT
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: ikrimatul ulumiyyah
Date Deposited: 29 Nov 2023 07:00
Last Modified: 29 Nov 2023 07:00
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1622

Actions (login required)

View Item View Item