NUR AISYAH, ANITA (2023) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK AKHLAKUL KARIMAH SANTRIWATI SMP BINA ANAK SHOLEH TUBAN BOARDING SCHOOL. Skripsi thesis, Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan.
Text
ABSTRAK ANITA NUR AISYAH.pdf Download (287kB) |
|
Text
Salinan ANITA NUR AISYAH SKRIPSI 2023 (2).pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran akidah akhlak sangatlah penting untuk diajarkan karena semakin banyaknya tantangan dan juga rintangan sebagai akibat dari kemajuan zaman, ilmu pengetahuan, dan teknologi. Dekadnesi moral terjadi akibat proses pembelajaran yang cenderung dianggap remeh, hanya sebatas teks dan lebih berpatokan pada kognitif siswa/santriwati, sedangkan afektif dan psikomotoriknya kurang diperhatikan. Contohnya pergaulan bebas dan juga penyalahgunaan sosial media. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana penerapan pembelajaran Akidah Akhlak dalam membentuk akhlakul karimah santriwati. Penelitian ini mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran akidah akhlak. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang bagaimana pembelajaran Akidah Akhlak diimplementasikan untuk membentuk akhlakul karimah siswa di SMP Bina Anak Sholeh Tuban Boarding School. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran akidah akhlak di SMP Bina Anak Sholeh Tuban Boarding School berhasil dengan menggabungkan kurikulum pemerintahan dan kurikulum pesantren. Implementasinya didasarkan pada teori kurikulum untuk mencapai kompetensi yang diinginkan sesuai visi dan misi yang telah ditetapkan. 2) Pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak di SMP Bina Anak Sholeh Tuban Boarding School telah berhasil mencapai keberhasilan dengan menggabungkan kurikulum pemerintah dengan kurikulum pesantren (hidden curriculum). Para ustadzah menggunakan metode yang sesuai dengan materi, seperti ceramah, pembiasaan, teladan, nasehat, serta mengacu pada kitab akhlak sebagai sumber referensi utama. Peran pengasuh, pengurus, dan santri senior juga membantu dalam membentuk perilaku dan akhlak melalui pengajaran dan norma-norma internal pesantren. Dengan pendekatan ini, SMP Bina Anak Sholeh Tuban Boarding School berhasil mencapai tujuan pendidikan akhlak secara efektif. 3) Evaluasi pembelajaran akidah akhlak di SMP Bina Anak Sholeh Tuban Boarding School dilakukan melalui dua cara, yaitu evaluasi ustadzah yang mengajar materi akidah akhlak dan rapat triwulan. Hasil evaluasi ini menjadi acuan dalam memperbaiki pendidikan akhlak yang ada sebelumnya.
Item Type: | Name Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, Akidah Akhlak, Akhlakul Karimah |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Dayat Nur X |
Date Deposited: | 29 Nov 2023 07:06 |
Last Modified: | 29 Nov 2023 07:06 |
URI: | http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1627 |
Actions (login required)
View Item |