Machbub,, Muhammad. (2021) Penerapan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Pendidikan Agama Islam (PAI) Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMK Muhammadiyah 13 Tikung Lamongan. Magister thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL 'ULUM LAMONGAN.
Text
2 M. MACHBUB 19062102236cdoc.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
abstrak_ M. MACHBUB 19062102236cdoc-6.pdf Download (167kB) |
Abstract
ABSTRAK Machbub, Muhammad. 2021. Penerapan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Pendidikan Agama Islam (PAI) Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMK Muhammadiyah 13 Tikung Lamongan. Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Agama Islam (MPAI), Pascasarjana Universitas Islam Darul Ulum Lamongan. Pembimbing Tesis: (I) Prof. Dr. H. Kasuwi Saiban, M.Ag. dan (II) Dr. H. Muhammad Ufuqul Mubin, M.Ag. Kata Kunci: Pandemi Covid-19, Pendidikan Agama Islam dan Pembelajaran Jarak Jauh. Penelitian ini bertujuan untuk memahami: 1) Proses Penerapan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMK Muhammadiyah 13 Tikung Lamongan pada masa pandemi covid-19., 2) Problematika Penerapan Pembelajaran Jarak Jauh PAI di SMK Muhammadiyah 13 Tikung Lamongan pada masa pandemi covid-19, dan 3) Solusi Problematika Penerapan Pembelajaran Jarak Jauh PAI di SMK Muhammadiyah 13 Tikung Lamongan pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan model analisis interaktif yang terdiri dari data collection, data reduction, data display, dan conclusion. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber data, triangulasi teknik pengumpulan data, dan pengecekan anggota. Penggunaan media pembelajaran yang tepat akan membuat belajar menjadi menyenangkan dan efektif. SMK Muhammadiyah 13 Tikung Lamongan merupakan lembaga sekolah yang memberlakukan sistem daring dan luring dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Pendidikan Agama Islam (PAI) pada masa pandemi Covid-19. Dan Secara umum, Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Pendidikan Agama Islam (PAI) berjalan dengan maksimal dan serta dapat menjadi pengganti KBM tatap muka, dengan guru memberikan materi dan penugasan melalui WhatsApp, YouTube, Zoom, Video Offline, Google Form, dll. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Pendidikan Agama Islam (PAI) dilaksanakan sebagai alternatif pembelajaran pada masa pandemi covid-19 dengan tetap menyesuaikan dengan situasi dan kondisi lingkungan sekolah serta orang tua. Kedua, terdapat Problem atau kenda la yang mempengaruhi penerapan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Pendidikan Agama Islam (PAI). Ketiga, solusi dari problematika Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Pendidikan Agama Islam (PAI) adalah perubahan orientasi yaitu bagaimana agar siswa tetap belajar di tengah pandemic covid-19 dengan tanpa ada tuntutan menyelesaikan kurikulum sekolah.
Item Type: | Name Thesis (Magister) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pandemi Covid-19, Pendidikan Agama Islam dan Pembelajaran Jarak Jauh. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pend. Agama Islam |
Depositing User: | Muhammad Haris |
Date Deposited: | 29 Nov 2023 07:16 |
Last Modified: | 29 Nov 2023 07:16 |
URI: | http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1634 |
Actions (login required)
View Item |