Implementasi Full Day School dalam pembentukan karakter siswa ( Studi SMA Negeri 4 Bojonegoro )

Huda,, Nur (2021) Implementasi Full Day School dalam pembentukan karakter siswa ( Studi SMA Negeri 4 Bojonegoro ). Magister thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL 'ULUM LAMONGAN.

[img] Text
3 Nur Huda(19. 062. 102. 240).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
abstrak_Nur Huda(19. 062. 102. 240).pdf

Download (306kB)

Abstract

Huda, Nur 2021. Implementasi Full Day School dalam pembentukan karakter siswa ( Studi SMA Negeri 4 Bojonegoro ). Tesis, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana, Universitas Islam Darul ‘Ulum Lamongan. Pembimbing : (1) Prof. Dr. H. Kasuwi Saiban, M.Ag, (2) Dr Sauqi Futaqi, M.Pd.I. Kata Kunci : Implementasi, Full Day School, Karakter SMA Negeri 4 Bojonegoro merupakan sala satu sekolah neger i yang menerapkan sistem Full Day School . Proses pembelajaran Full Day School dilakukan sehari penuh melalui materi umum dan pembelajaran spiritual. Pembelajaran dengan sistem Full Day School sangat penting bagi pembentukan karakter siswa. Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisa nilai karakter yang di kembangkan melalui Full Day School di SMA Negeri 4 Bojonegoro, 2) menganalisa pola Full Day School dalam pembentuka karakter siswa, 3) menganalisa implikasi dari Full Day School dalam pembentuka karakter. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian Guru SMA Negeri 4 Bojonegoro berjumlah 5 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumen. Analisis data mengunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yaitu 1) nilai – nilai karakter yang di kembangkan melalui Full Day School di SMA Negeri 4 Bojonegoro meliputi : Religius, Jujur, Sopan, Kerja Keras, disiplin dan peduli lingkungan. 2) pola Full Day School dalam pembentuka karakter siswa melalui : (a) kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan sehari penuh dari pagi sampai sore mengonakan model sekolah pemadat an 5 hari efektif dari senin sampai jumat, (b) proses pembentukan melalui budaya sekolah yaitu melalui kegiatan rutin, kegiatan spontan dan teladan (c) proses pembentukan VII karakter siswa juga melalui kegiatan ektrakulikuler. Yaitu ektrakulikuler wajib dan pilihan. 3) implikasi dari Full Day School dalam pembentuka karakter menciptakan sikap dan perilaku siswa seperti meningkatnya nilai prestasi dan religius,jujur,sopan, kerja keras, disiplin dan peduli lingkungan.

Item Type: Name Thesis (Magister)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Full Day School, Karakter
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Magister Pend. Agama Islam
Depositing User: Muhammad Haris
Date Deposited: 29 Nov 2023 07:28
Last Modified: 29 Nov 2023 07:28
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1643

Actions (login required)

View Item View Item