Penerapan Metode Pembelajaran Reading Guide Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas Vii Mts Sunan Ampel Kebet Lamongan

Abdi, M.naufal (2023) Penerapan Metode Pembelajaran Reading Guide Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas Vii Mts Sunan Ampel Kebet Lamongan. Skripsi thesis, Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan.

[img] Text
abstrak M. NAUFAL ABDI.pdf

Download (77kB)
[img] Text
Salinan NEW naufal fiks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini berasal dari hasil belajar siswa dalam mata Pelajaran Akidah Akhlaq yang dilaksanakan di MTs Sunan Ampel Kebet Lamongan pada kelas VII belum sepenuhnya memahami materi Pelajaran Akidah Akhlak khususnya dalam materi akhlaq tercela. Hal ini dikarenakan pembelajaran dikelas selama ini hanya mengunakan metode ceramah dan kurangnya interkasi antara murid dan guru dalam proses pembelajaran, sedangkan mata Pelajaran akidah akhlaq terdapat materi akhlaq tercela. Dengan adanya masalah tersebut maka peneliti menggunakan metode yang efektif untuk mengangkat prestasi belajar siswa yaitu metode Reading Guide yang bertujuan untuk mengetahui: 1) proses penerapan strategi pembelajaran metode reading guide dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII MTs Sunan Ampel Kebet Lamongan. 2) Peningkatan Hasil Belajar siswa pada maple Aqidah Akhklak dengan pengunaan metode Reading Guide di MTs Sunan Ampel Kebet Lamongan?. 3) faktor faktor yang mempengaruhi penerapan strategi pembelajaran metode reading guide dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII MTs Sunan Ampel Kebet Lamongan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas atau Classroom Action Reserch yakni kegiatan penelitian untuk mendapatkan kebenaran dan manfaat praktis dengan cara melakukan tindakan secara kolaborasi dan partisipatif dengan menggunakan metode yang efektif yang sesuai dengan keadaan situasi dan kondisi di masing-masing sekolah. Setelah diadakan Penelitian Tindakan Kelas maka hasilnya sebagai berikut: 1) Pra siklus: hasil belajar siswa kurang memuaskan dan minat belajar siswa kurang 2) Siklus I: proses pembelajaran semakin meningkat, antusias belajar siswa mulai terarah, minat belajar siswa meningkat dan hasil belajar siswa sudah meningkat. 3) Siklus II: proses pembelajaran semakin meningkat, antusias belajar siswa mulai terarah, minat belajar siswa meningkat dan prestasi belajar siswa mencapai hasil yang diharapkan.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Reading guide, Hasil Belajar, Aqidah Akhlaq
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dayat Nur X
Date Deposited: 29 Nov 2023 07:35
Last Modified: 29 Nov 2023 07:35
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1653

Actions (login required)

View Item View Item