Astiana, Astiana (2023) Penerapan Metode C3T (Cerdas,Cermat,Cepat dan Tepat) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Di MA. Matholi’ul Anwar Simo Sungelebak Karanggeneng Lamongan. Skripsi thesis, Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan.
Text
abstrak Astiana.pdf Download (78kB) |
|
Text
Salinan SKRIPSI ASTIANA.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya. Berdasarkan studi pendahuluan di MA Matholi’ul Anwar pada Kelas X.13 KAG pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) guru hanya menggunakan metode ceramah saja, sehingga siswa banyak yang bosan dan jenuh ketika guru sedang menjelaskan pelajaran, akibatnya siswa banyak yang berbicara dengan temannya, kurang memperhatikan penjelaskan dari guru, dan lain sebagainya. Sehingga berdampak pada nilai/hasil belajar siswa yang kurang memuaskan. Oleh sebab itu, diperlukan metode pembelajaran yang membuat siswa belajar dengan semangat dan lebih bermakna yakni menggunakan pembelajaran metode C3T. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui penerapan metode C3T dalam meningkatkan hasil belajar SKI dan (2) untuk mengetahui efektivitas metode C3T ini dalam meningkatkan hasil belajar SKI. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun tahapan dalam penelitian ini mencakup: perencanaan,pelaksanaan,observasi dan refleksi dengan menggunakan metode observasi,wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif mencangkup:reduksi data,penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian melalui penerapan metode C3T (Cerdas,Cermat,Cepat dan Tepat) dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran SKI dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini dapat dilihat dengan meningkatnya ketuntasan hasil belajar peserta didik. Peningkatan terjadi cukup baik, hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan pada observasi awal pree test peserta didik 30% kemudian pada Siklus I mengalami peningkatan 33%, sehingga siswa yang tuntas menjadi 63% dan pada Siklus II mengalami peningkatan 37%, sehingga siswa yang tuntas menjadi 100%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penerapan Metode C3T (Cerdas, Cermat,Cepat dan Tepat) dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas X.13 di MA. Matholi’ul Anwar Simo Sungelebak Karanggeneng Lamongan.
Item Type: | Name Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Metode C3T (Cerdas,Cermat,Cepat dan Tepat), SKI |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Dayat Nur X |
Date Deposited: | 29 Nov 2023 07:38 |
Last Modified: | 29 Nov 2023 07:38 |
URI: | http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1655 |
Actions (login required)
View Item |