IMROATANA, ALA’ (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATERI TEKS NEGOSIASI BERBASIS POWERPOINT INTERAKTIF. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL' ULUM LAMONGAN.
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_17032025_ALA’ IMROATANA.pdf Download (88kB) |
|
Text
17032025_ALA’ IMROATANA.pdf Restricted to Repository staff only Download (19MB) | Request a copy |
Abstract
Imroatana, Ala’. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Materi Teks Negosiasi Berbasis Powerpoint Interaktif. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Darul ‘Ulum Lamongan. Pembimbing: (1) Dr. Nisaul Barokati Selirowangi, M.Pd., (2) Anisa Ulfah, M.Pd Kata Kunci : media pembelajaran, teks negosiasi, powerpoint interaktif. Berdasarkan data analisis kebutuhan, didapatkan bahwa dalam pembelajaran materi teks negosiasi sangat dibutuhkan video atau gambar sebagai pendukung penjelas materi. Guru belum memiliki media pembelajaran yang bisa menyampaikan contoh video negosiasi. Media pembelajaran berbasis powerpoint interaktif merupakan media pembelajaran yang bisa mengemas materi lebih menarik, bisa menambahkan audio visual, dan bisa mengajak siswa lebih aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi teks negosiasi dengan mengukur kualitas media pembelajaran tersebut. Penelitian ini diuji cobakan di SMK Wachid Hasjim Maduran. Subjek penelitian yaitu siswa kelas X jurusan Multimedia dengan jumlah siswa 37 anak. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan, yang mengadaptasi pada model pengembangan Borg and Gall yang terdiri dari 10 tahapan namun ahnya digunakan oleh peneliti 6 tahapan dikarenakan keterbatasan waktu. Enam tahapan yang digunakan peneliti yaitu: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain produk, (5) revisi desain produk, (6) uji coba pemakaian produk. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa angket validasi ahli media, validasi ahli materi, dan angket kepraktisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pengembangan produk media pembelajaran berbasis powepoint interaktif sudah melalui tahap penilaian oleh dosen ahli media, dosen ahli materi, praktisi (guru), uji coba lapangan (siswa). penilaian oleh dosen ahli media mendapatkan persentase 88% termasuk kategori layak. Penilaian oleh dosen ahli materi mendapatkan persentase 80% termasuk kategori layak. Penilaian kepraktisan oleh guru mendapatkan persentase 100% termasuk kategori layak. Hasil uji coba siswa persentase nilai yang didapatkan 84% termasuk dalam kategori layak. Rata-rata penilaian keseluruhan mendapatkan nilai akhir 88% dengan kategori layak. Berdasarkan hasil nlai tersebut berarti media pembelajaran berbasis powepoint interaktif yang telah dikembangkan layak untuk digunakan
Item Type: | Name Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : media pembelajaran, teks negosiasi, powerpoint interaktif. |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | hafidz khoirul umam |
Date Deposited: | 29 Nov 2023 07:52 |
Last Modified: | 29 Nov 2023 07:52 |
URI: | http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1665 |
Actions (login required)
View Item |