MODEL PENGELOLAAN KELAS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Faizin,, Mohamad (2023) MODEL PENGELOLAAN KELAS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan.

[img] Text
ABSTRAK MOHAMAD FAIZIN.pdf

Download (27kB)
[img] Text
Salinan SKRIPSI FAIZIN 8 GRAM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Menciptakan sebuah iklim kelas yang baik dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) guru PAI harus berpartisipasi dalam mengelola kelas dengan melibatkan siswa dalam pembahasan model peraturan kelas dan meminta saran dari mereka mengenai perilaku spesifik. Dengan cara ini, siswa dapat merasa nyaman dan turut serta dalam proses pengelolaan kelas, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar mereka. Studi pendahuluan menunjukkan adanya beberapa permasalahan dalam motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SDN Kedali Kabupaten Lamongan. Oleh karena itu, penelitian ini mengkaji Model Pengelolaan Kelas dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Kedali Kabupaten Lamongan menjadi relevan untuk dilakukan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui : (1) Model pengelolaan kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SDN Kedali Kabupaten Lamongan. (2) motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SDN Kedali Kabupaten Lamongan. Dalam penelitian ini, digunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan, Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini Model pengelolaan kelas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SDN Kedali Kabupaten Lamongan itu ada tiga yakni model Humanistik, model Behavioristik, model Demokratik. Dengan menerapkan model pengelolaan kelas tersebut banyak siswa berantusias dalam pelajaran pendidikan agama islam. Gambaran Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Kedali Kabupaten Lamongan itu motivasinya ada yang terbentuk dari diri sendiri, dan ada yang terbentuk dari dorongan luar. Untuk dorongan dari luar seperti guru memberikan kenyamanan sebelum proses pembelajaran dimulai meja dan kursi dirapikan, dan guru memberikan hadiah kepada siswa yang mau menjawab pertanyaan.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pengelolaan Kelas, Motivasi Belajar Siswa, Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dayat Nur X
Date Deposited: 29 Nov 2023 07:51
Last Modified: 29 Nov 2023 07:51
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1666

Actions (login required)

View Item View Item