Model Pembelajaran Online Mata Pelajaran Fiqih Di Era Pandemi Covid-19 Pada Min 1 Tuban Dan Mis Hidayatun Najah Tuban.

Choti djah, Choti djah (2021) Model Pembelajaran Online Mata Pelajaran Fiqih Di Era Pandemi Covid-19 Pada Min 1 Tuban Dan Mis Hidayatun Najah Tuban. Magister thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL 'ULUM LAMONGAN.

[img] Text
abstrak_CHOTIDJAH-UNISDA 2020 (19.062.102.243)-6.pdf

Download (214kB)
[img] Text
5 CHOTIDJAH-UNISDA 2020 (19.062.102.243).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Kata Kunci: Pembelajaran Online, Model, Mata Pelajaran Fikih, Covid-19 Choti djah, 2020. Model Pembelajaran Online Mata Pelajaran Fiqih Di Era Pandemi Covid-19 Pada Min 1 Tuban Dan Mis Hidayatun Najah Tuban. Tesi s. Lamongan: Program Magist er Pendidikan Agama Islam, Program Pascasarjana, Universitas Islam darul Ul um Lamongan, Pembimbing (1) Dr. H. Khotib Sholeh, M. Ag. (2). Dr. H. Muhammad Ufuqul Mubin, M. Ag. Penelitian ini berlatar belakang dari keinginan peneli t i untuk mengetahui model pembelaj aran online mata pelajaran fiqih di MIN 1 Tuban dan MIS Hi day atun Najah Tuban keti ka masa pandemi covid-19. Pembelaj aran f ikih, sebagaimana tela h ditetapkan dal am kurikulum, sel ain bertuj uan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang ibadah sebagai ilmu pengetahuan, si swa j uga dituntut dapat mel aksanakanny a dalam bentuk praktek ibadah. Tuj uan penelit i an ini adal ah (1) mendeskripsikan model pembela j aran online y ang dilakukan guru mata pela j aran fiqih, mul ai dari persiapan rancangan pembel ajaran dal am bentuk RPP sampai dengan cara memberikan penil aianny a. (2) Mendiskripsikan tantangan dan hambatan bagi guru ketika melaksanakan model pembel ajaran secara online di masa pandemi, untuk kemudian dievaluasi agar tuj uan pembel ajaran tetap tercapai. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskri ptif, y ang memaparkan semua unsur terkai t model pembel ajaran online, baik dari RPP (rencana pelaksanaan pembela j aran), strategi , metode dan pendekatan sampai media y ang digunakan dal am mel aksanakan pembelajaran secara online. Data penelitian ini adalah paparan data baik berupa hasil observasi, wawancara, dan data dokumen y ang di peroleh ole h peneli ti . Teknik pengumpulan data di pero leh melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan penggabungan melalui teknik triangulasi. Setelah data terkumpul lalu dilakukan penganalisisan data baik dal am situs tunggal maupun mul t i situs. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pel aksanaan pembelajaran mata pel ajaran fiqih di masa pandemi kedua lembaga baik MIN 1 Tuban maupun MIS Hi day atun Najah menggunakan model pembelajaran online dengan berbagai macam aplikasi y aitu aplikasi e-lerning, google clasroom, media voice note, video atau dengan pembel ajaran secara virtual menggunakan aplikasi zoom meeting, google meet. Sedangkan ketika pemberian tugas dan penilaian menggunakan google form dengan st rategi pembela j aran mandi ri. Untuk metode y ang digunakan adalah metode ceramah dan demonstrasi, dan diskusi. Sedangkan tantangan y ang ditemui adal ah bahwa dalam penggunaan model pembel ajaran online baik guru maupun siswa dituntut untuk si ap mempelajari teknol ogi beserta tools-ny a sehingga pembelajaran dapat berj alan dengan lancar. Adapun hambatanny a adalah jaringan y ang ti dak stabil, kuota paketan internet y ang terbatas dan ti dak terkontrol serta hambatan lainnya adalah keterbatasan perangkat HP maupun laptop. v

Item Type: Name Thesis (Magister)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Online, Model, Mata Pelajaran Fikih, Covid-19
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pascasarjana > Magister Pend. Agama Islam
Depositing User: Muhammad Haris
Date Deposited: 29 Nov 2023 07:52
Last Modified: 29 Nov 2023 07:52
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1668

Actions (login required)

View Item View Item