PENERAPAN POLA INTERAKSI GURU DAN SISWA TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK SISWA KELAS VII DI MTS ROUDLOTUL ULUM BANYUTENGAH PANCENG GRESIK

Sholichah, Mu'minatus (2022) PENERAPAN POLA INTERAKSI GURU DAN SISWA TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK SISWA KELAS VII DI MTS ROUDLOTUL ULUM BANYUTENGAH PANCENG GRESIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL ULUM LAMONGAN.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK_18051008_Mu'minatus Sholichah.pdf

Download (320kB)
[img] Text
18051008_Mu'minatus Sholichah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Model interaksi dalam pembelajaran menekankan pada adanya hubungan antara peserta didik dengan lingkungan. Seperti adanya hubungan antara pendidik dengan siswanya, dan antara siswa dengan siswa, jadi selalu dalam satu kesatuan dalam tujuan yang sama. karena kurangnya interaksi antara guru dan siswa, kurangnya kesiapan dalam pembelajaran, serta kurangnya bimbingan dari guru yang tidak dapat menciptakan keharmonisan dalam pembelajaran, sehingga menyebabkan siswa malas, malu untuk berinteraksi dengan guru. Interaksi yang baik antara guru dan siswa selama proses pendidikannya diharapkan mampu mengantarkan siswa dalam proses peningkatan hasil belajar secara lebih terarah, sehingga pada akhirnya siswa dapat menyelesaikan studi secara optimal. Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui bagaimana pola interaksi guru dan siswa terhadap peningkatan hasil belajar mata pelajaran aqidah akhlak kelas VII di MTs Roudlotul Ulum Banyu Tengah. (2) Untuk Mengetahui hasil belajar mata pelajaran aqidah akhlak siwa kelas VII di MTs Roudlotul Ulum Banyu Tengah. Dalam skripsi ini, peneliti menggunakan metode kualitatif untuk mengumpulkan datanya, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket dengan responden sebanyak 21 siswa, dalam mengelola data penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola interaksi antara guru aqidah akhlak dan siswa sebagai proses peningkatan hasil belajar siswa kelas VII di MTs Roudlotul Ulum Banyutengah merupakan pola interaksi yang bersifat asosiatif, yang didalamnya terdapat berbagai akomodasi berupa pengawasan serta berberlakukan akhlak yang baik. Selain itu juga terdapat beberapa bentuk pembiasaan serta contoh dan suri tauladan yang baik.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hildha Fadzillah Rachma
Date Deposited: 29 Nov 2023 08:08
Last Modified: 29 Nov 2023 08:08
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1681

Actions (login required)

View Item View Item