METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PERSPEKTIF IMAM AL-GHAZALI

FAQIH, MAWAIDHUNAL (2022) METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PERSPEKTIF IMAM AL-GHAZALI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM DARUL ULUM LAMONGAN.

[img] Text (Abstrak)
ABSTRAK_18051004_MAWAIDHUNAL FAQIH.pdf

Download (128kB)
[img] Text
18051004_MAWAIDHUNAL FAQIH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (540kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian adalah bahwa guru pendidikan agama Islam harus memperhatikan problematika perkembangan zaman, antara lain maraknya peserta didik yang keluar dari norma-norma agama. Imam Al-Ghazali melalui pemikirannya, memperhatikan proses pembelajaran seperti: Murid harus menjauhi hal berkenaan dengan dunia, ikhlas, bertaubat kepada Allah, lebih-lebih senang di dalam belajar. Oleh karena itu penulis menuliskan pemikiran Imam Al-Ghazali. Tujuan penulisan adalah: (1) untuk mengetahui metode pembelajaran pendidikan agama Islam perspektif Imam Al-Ghazali. (2) untuk mengetahui ragam metode pembelajaran pendidikan agama Islam perspektif Imam Al-Ghazali. Penelitian ini merupakan jenis penelitian library research, Sumber data ada dua bagian: Sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data dengan cara metode dokumentasi yaitu mencari kandungan pemikiran Imam Al-Ghazali. Analisis data yaitu mengambil pemikiran-pemikiran Imam Al-Ghazali. Sumber primer antara lain: Kitab Ihya’ Ulumuddin, Minhaj al- Abiddin, ad-Durrah al-Fakhirah fi Kasyf Ulum al-Akhirah, Ayyuhal Walad, Bidayah al-Hidayah, Minhaj al-Muta’alim. Sumber sekunder adalah buku atau literatur yang berkenaan dengan metode, pembelajaran dan pendidikan agama Islam. Hasil penelitian ini bahwa Metode pembelajaran pendidikan agama Islam menurut Imam Al-Ghazali adalah menjelaskan perkara yang berkaitan dengan cara menjadi guru, murid dan keutamaan ilmu. Metode juga diartikan cara seseorang didalam mengapai pertolongan Allah, memperbaiki diri untuk kasf (terbukanya hati), dan menjadi pemimpin. Sedangkan hakikat pembelajaran pendidikan agama Islam (Tarbiyah) menurut Imam Al-Ghazali adalah upaya dalam menerangkan kewajiban mengamalkan ilmu sar'iy. Yang mana dengan itu dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT dan dapat menghantarkan manusia untuk menggapai kebahagiaan di dunia dan akhirat. Menurut Imam Al-Ghozali Ragam Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam ada 5 diantaranya: Pertama: Metode ceramah, kedua: Metode tanya jawab, ketiga: Metode hafalan, keempat: Metode memberi nasehat, kelima: Metode keteladanan.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hildha Fadzillah Rachma
Date Deposited: 29 Nov 2023 08:17
Last Modified: 29 Nov 2023 08:17
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1687

Actions (login required)

View Item View Item