IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP RAUDLATUL MUTA’ALLIMIN TEGALREJO DATINAWONG BABAT LAMONGAN

Mutoharoh, Alfiyatin (2023) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMP RAUDLATUL MUTA’ALLIMIN TEGALREJO DATINAWONG BABAT LAMONGAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Darul 'Ulum Lamongan.

[img] Text
ABSTRAK ALFIYATIN MUTOHAROH.pdf

Download (73kB)
[img] Text
Salinan skripsi IKM PAI SMP (alfiyatin m 19051067).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kurikulum merdeka disusun sebagai penyempurna bagi kurikulum sebelumnya dengan pendekatan pembelajaran yang lebih aktif dan fleksibel serta memerdekakan guru dan peserta didik dalam melaksanakan proses pembelajaran dengan berdasarkan nilai-nilai agama, pancasila dan budaya bangsa. Berkaitan dengan hal ini, Dinas Pendidikan Lamongan menghimbau sekolah di bawah naungannya untuk mengimplementasikan kurikulum merdeka di sekolah masing-masing mulai tahun ajaran 2022/2023. Fokus dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Raudlatul Muta’allimin Babat Lamongan? (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat kurikulum merdeka pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Raudlatul Muta’allimin Babat Lamongan? Metode penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif, dengan menggunakan instrumen pengumpulan data yaitu multi sumber bukti (triangulasi data), reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan dan verifikasi. Hasil temuan penelitian (1) Implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Raudlatul Muta’allimin Babat Lamongan terdiri dari tahap perencanaan dan pelaksanaan yang sudah dilakukan oleh guru dengan dengan baik. Menganalisis capaian pembelajaran (CP), merumuskan tujuan pembelajaran (TP), menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) secara mandiri. Untuk modul ajar guru mapel PAI masih mengakomodasi dari berbagai sumber dari internet. Sementara untuk kegiatan asesmen guru mapel PAI telah melaksanakan asesmen formatif dan sumatif. (2) Adapun faktor pendukung dan penghambat dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Raudlatul Muta’allimin Babat Lamongan adalah hal yang dialami dalam suatu lembaga, di sekolah SMP Raudlatul Muta’allimin Babat faktor pendukungnya adalah adanya fasilitas kurikulum yang mewadai sedangkan faktor penghambat adalah karena IKM adalah merupakan hal yang baru maka dari situ masih banyak perbaikan perbaikan dalam mengolah modul ajar dan lain.- lain.

Item Type: Name Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kurikulum Merdeka, IKM Mapel PAI
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dayat Nur X
Date Deposited: 29 Nov 2023 09:01
Last Modified: 29 Nov 2023 09:01
URI: http://repository.unisda.ac.id/id/eprint/1704

Actions (login required)

View Item View Item